Keunggulan Mobil manual dari mobil matic


Perkembangan dunia otomotif belakangan ini memang didominasi dengan munculnya berbagai model mobil dengan transmisi otomatis, walau begitu transmisi manual masih dipertahankan pada beberapa jenis mobil.

Bisa dibilang transmisi manual dinilai kurang canggih bila dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis. Namun, ternyata mobil ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh mobil matik.


Berikut ulasannya.

Mobil manual memiliki akselerasi yang lebih baik dibandingkan dengan mobil matik. Hal ini karena perpindahan gigi dilakukan secara bertahap. Selain itu, beberapa tipe mobil bertransmisi manual lebih irit jika dibandingkan dengan mobil matik. Kelebihan lainnya, terletak pada biaya perawatan yang cenderung tidak mahal.

Walau demikian, tidak bisa ditutupi, mobil bertransmisi manual pun memiliki beberapa kekurangan. Mungkin ini terjadi hanya kepada beberapa orang saja, yaitu, lebih sulit dikemudikan dibanding dengan mobil matik karena konsentrasi Anda akan dipecah antara pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi.

Di sisi lain, mengemudikan mobil jenis ini akan lebih melelahkan dibandingkan dengan mengemudikan mobil jenis matik. Siap-siap saja kaki kiri Anda pegal ketika menyetir mobil manual saat macet. Karena hal inilah, mobil manual cenderung tidak senyaman mobil matik.

Meski dengan alasan-alasan tersebut, masih banyak yang menyukai mobil jenis manual ini karena sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengemudi.

Mobil jenis manual telah ada lebih dahulu ketimbang jenis matik, sehingga tidak heran jika banyak orang yang lebih setia pada mobil jenis ini.


Tidak ada komentar:
Tulis komentar