Penyebab oli keluar ke saringan udara atau selang pernapasan pada sepeda motor


Assalamualaikum...
kali ini saya akan membagi info sederhana tentang penyebab oli keluar ke saringan udara atau selang pernapasan pada sepeda motor, kejadian ini sebenarnya juga terjadi pada motor saya, baiklah langsung pada persoalan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan itu terjadi, diantaranya ialah:



1. Oli mesin terlalu banyak
Oli yang yang terlalu banyak yang melebihi batas yang telah ditentukan oleh merk pabrikan sepeda motor anda, hal ini dapat menyebabkan oli meluap hingga kesaringan udara melalui selang pernapasan, sebab oli yang berada didalam mesin tidak mampu bersirkulasi dengan baik sebab daya tampung blok mesin yang tidak sesuai, sehingga pada saat mesin hidup oli akan terbuang keluar lewat selang pernapasan.
cara mengatasinya: Kurangi oli hingga batas kelayakan hal ini dapat dilihat pada alat ukur yang terdapat pada penutup oli mesin.

2. Oli yang digunakan palsu
Sekarang sudah marak produksi oli palsu tapi dengan kemasan merk ternama, hal ini dapat menyebabkan oli meluap ke saringan udara melalui selang pernapasan sebab kekentalan oli tidak sesuai dengan kekentalan yang dibutuhkan kendaraan hal ini juga dapat menyebabkan komponen mesin cepat aus dan juga cepat panas.
cara mengatasinya: segera ganti oli anda dan sebaiknya anda mengganti oli pada bengkel resmi kendaraan anda ataupun pada bengkel yang sudah anda kenal.



3. Ring kompresi piston aus
Ring piston aus, selain dapat menyebabkan motor kekurangan tenaga juga dapat menyebabkan oli keluar ke saringan udara melalui selang pernapasan, ini disebabkan karena tekanan kompresi dari hasil pembakaran mesin mengalami kebocoran sehingga tekanan kompresi yang ada tidak tertahan sepenuhnya pada ring piston, melainkan sebagian tekanan kompresi menembus ruang mesin dan menyebabkan oli pada ruang mesin terdorong keluar dari mesin melalui selang pernapasan menuju saringan udara.
Cara mengatasinya: segera ganti ring piston yang baru, sebaiknya diganti dengan suku cadang yang asli.

Demikian artikel sederhana tentang penyebab oli naik ke saringan udara ini. dan semoga membawa manfaat.

29 comments:
Tulis komentar
  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. thanks gan infonya, tapi saya mau tanya, jika selang udara dari mesin tidak dipasangkan ke filter karburator, apakah bahaya, karena tujuannya agar oli tidak masuk ke karburator dan mebasahi busi, ?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udh berkunjung gan, berdasarkan fungsi selang pernapasan yaitu untuk mengatur sirkulasi udara didalam mesin jd melepas selang pernapasan dapat menyebabkan mesin cepat panas, melepaskan selang dari filter udara juga menyebabkan udara yg msk ke ruang mesin menjadi kotor krn sdh tidak tersaring melalui filter udara. tindakan menutup saluran pernapasan dpt mngakibatkan tenaga mesin menjadi tidak maksimal

      Delete
  3. sangat bermanfaat penjelasannya... mksih

    ReplyDelete
  4. jupiter z sy keluar oli ke selan pernapasan padahal ukuran oli udah pas, dan ring piston udah di ganti tp oli mash keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek silinder bloknya gan, apakah sudah rusak atau ada goresan akibat gesekan piston? bisa jadi juga silinder sudah aus sehingga celah antara piston dan silinder sudah terlalu besar, hal ini dapat menyebabkan kebocoran kompresi. saran saya kalau ini terjadi sebaiknya silinder bloknya di oversize.

      Delete
  5. sebenernya oli keluar dari selang tersebut normal apa nggak ?? dan bahaya nggak buat motornya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udh berkunjung gan, Keluarnya oli melalui selang pernapasan menandakan bahwa ada masalah pada mesin motor dan merupakan hal yang ngga normal gan, karena selang pernapasan seharusnya bebas dari aliran oli, untuk bahayanya sendiri yaitu kalau oli terus keluar dapat membuat oli dalam mesin habis dan membuat mesin terkancing.

      Delete
  6. Jadi bagaimana cara kita mencegah/ meminimalisir terjadinya kebocorand selang itu gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udh berkunjung gan, untuk mencegah disarankan untuk selalu mengganti oli secara rutin, selain berfungsi sebagai pendingin mesin, oli dapat mencegah komponen mesin Aus lebih cepat. dengan mengganti oli secara rutin otomatis volume oli didalam bak mesin jadi terkontrol.

      Delete
  7. Bang , kan motor saya pakee ttup oli selang variasi tuh , trus biasanya olinya kluar tuh diujung selang nya , gimana cara mengatasi nya bang ? TerimaKasih.

    ReplyDelete
  8. Oh iya gan gwe mau tanya nih gwe kn punya vega zr itu slang pernapasan oli yang dr filter ke bak mesin kan cuman slang blong, trus lobang pernapasan yg ke filter cmn dikit thu,otomatis kn udara dari bak oli keluar tuh gan krna bolong trus klok misalny nyedot pasti yang di sedot ya udara kotor dr luar, aplagi posisinya selangny ke bawah yang pasti banyak debu, lah di rongga pernapasan vega zr itu saya kasih potongan busa buat nyuci piring yang udah sya potong sesuai ukurnny tanpa di mampatkan, agar saat menyedot udara yang di sesot sdh terfilter oleh busa dan saat udara di sembur bok filter tidak kotor, klok menurut mas bro gmn tuh gan, apa di buang saja busany atau gak papa, cmn mnurut saya kalok kotornny itu gak bkln terbuang sih kn kena busa itu tp seenggakny drpd nyedot debu yang di bawah lebih baik gni kn, niatny sh mau bikin alat yang sistemnya kyax klep itu yang saat udara di hembuskan langsung keluar ke ke tempat terbuka dan saat menyedot mengambil udara dari bok filter biar gak ada debu tp gni aja dlu dh, gmn mnurut situ.

    ReplyDelete
  9. Beat saya juga begitu gan. Habis ganti piston vario sma klep semesh. Udah di coba ganti filter . Sama cek oli . Tapi tetep kluar gan. Parah lagi kalo buat kencang montor saya. Gmana solusinya gan . Makasih slam ponorogo

    ReplyDelete
  10. kalo yg keluar asap putih kira"apa nya yg perlu d cek?
    mohon solusinya

    ReplyDelete
  11. Biasanya biaya buat itu berapa ?

    ReplyDelete
  12. Pak motor saya oli naik ke busi kata mekanik bengkel itu ring piston sudah aus.tp tidak berasap. Sudah ganti ring piston juga sama saja. Oli masih naik ke busi.kalo cyilinder block masih pres sama piston, saya bilang ke mekaniknya, mungkin seal katupnya. Kata dia tidak berpengaruh. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seal katup sangat berpengaruh dengan kebocoran pada silinder blok,maka saran saya seal katup segera di ganti dan katupnya harus di skir biar katup ga bocor

      Delete
  13. Mas tanya, motorku gl max 2003 stndar 125 cc, habis aku boreup di bengkel ganti pakai piston ring gl pro 160 cc, klep tiger dan noken tiger, tapi mengapa setelah boreup oli mesin kok ada yang keluar dari saluran selang pendingin mesin. terimakasih atas penjelasanya

    ReplyDelete
  14. ikut comen gan, saya bukan orang teknik atau pun org yg ngerti akan mesin, dan ini baru saya alami baru baru ini, jadi solusi yang bagus mungkin sebaiknya sambil bongkar mesin ya gan, biar ketahuan apakah ring piston yang bermasalah atau sekedar oli yang bermasalah

    ReplyDelete
  15. Klu oli keluar di selang diatas penutup nok as rantai kecil mio soul

    ReplyDelete
  16. Gan motor cg kelur asap di angin mesin solusinya gemana

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Gan motor saya vega r lama/kripton.kok klo pas di hidupin setandar mirin. oli kluar nyembur kyak ny jg dari selang udara mesin tapi klo setandar 2 aman2 aj itu knapa ya?

    ReplyDelete
  19. Mantap, langsung bubut lebih bagus kali ya?

    ReplyDelete