Selain rokok, ini 5 pemanfaatan cengkeh yang jarang diketahui

OTOProid - Kamu pasti sudah tahu tanaman khas Indonesia ini yang memiliki ciri khusus dengan aromanya, Ya Cengkeh namanya, tanaman yang memiliki nama latin Syzygium aromaticum atau dalam bahasa Inggris disebut cloves.

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa tanaman ini sebagai bahan baku pembuatan rokok kretek. Namun tahukah kamu bahwa selain rokok cengkeh juga memiliki beberapa manfaat, bahkan manfaatnya untuk kesehatan loh.

Nah daripada penasaran berikut beberapa pemanfaatan cengkeh yang jarang diketahui.


1. Sebagai bumbu masakan

Di Negara Eropa dan Asia buah cengkeh ini dijadikan sebagai bumbu masakan baik dalam keadaan utuh ataupun sudah menjadi bubuk.



2. Sebagai bahan untuk dupa
Di Negara Tiongkok China pemanfaatan cengkeh digunakan sebagai bahan pembuatan dupa.

3. Sebagai Aromaterapi



Karena wanginya yang khas di negara Jepang pemanfaatan tanaman cengkeh digunakan sebagai aromaterapi.

4. Sebagai obat



Beberapa penelitian menunjukan bahwa khasiat tanaman cengkeh dapat dijadikan sebagai obat misalnya obat sakit gigi, melindungi dari kanker, mengendalikan kadar gula darah, obat sakit maag, dan lain-lain.

5. Sebagai pestisida nabati



Daun cengkeh kering yang ditumbuk halus digunakan sebagai pestisida nabati dan efektif mengendalikan penyakit busuk batang tanaman.

Dari berbagai sumber

1 komentar:
Tulis komentar
  1. You could not enter into great depth, however you presented the necessities I desired to get help me thru. Was I ever really surprised to locate your blog. Please continue on your quest. PuffingBird.com

    BalasHapus