Apa Arti Reversal transfer pada SMS Banking


Otoproid - Sedikit bercerita tentang reversal transfer, baru-baru ini admin mendapat sms banking dari salah satu bank bahwa ada transfer masuk dari teman sebesar Rp.500.000,- sukses,  namun selang dua menit kemudian muncul lagi pemberitahuan melalui sms banking bahwa transfer reversal. Untuk gambar sms bankingnya admin sudah screenshotkan. Lihat gambar dibawah.


Setelah dapat pemberitahuan itu admin lalu cek mutasi rekening melalui internet banking ternyata memang ada kredit sebesar 500.000 dan setelahnya juga ada debet 500.000,-. Lalu admin konfirmasi sama teman yang transfer dana ternyata dia juga dapat pemberitahuan transaksi sukses dan setelahnya reversal transfer. Bahkan teman sempat salah mengira bahwa dia telah transfer dua kali.




Dari sepenggal pengalaman admin diatas mungkin ada sahabat otoproid yang bertanya apasih arti reversal transfer pada sms banking?

Tidak sedikit diantara kita yang masih asing dengan istilah Reversal transfer, biasanya informasi tentang reversal transfer akan disampaikan otomatis oleh pihak bank melalui sms banking, baik kepada penerima transfer ataupun yang mentransfer dana. Jadi yang dimaksud reversal transfer ialah pengembalian saldo karena ada transaksi yang gagal. Gagalnya transaksi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya gangguan teknis ataupun gangguan jaringan internet.

Jika ada sahabat otoproid yang mengalami hal serupa namun saldonya belum kembali sebaiknya menghubungi cs bank yang bersangkutan.

13 comments:
Tulis komentar
  1. Replies
    1. Saya juga mengalami hal yg sama persis seperti contoh gambar sms diatas
      Awalnya saya pinjol di salah satu aplikasi malam hari saya daftarkan ajukan peminjaman di aplikasi tsb ke esokan paginya tanpa saya sadadari saya baca pesam masuk sms saya ada dana masuk dan dana keluar di menit dan detik yg sama. Saya cek isi rekening saya teryata ga masuk saldo saya sisa 50rb itu pun milik saya sendiri. Saya chat admin pinjol tsb dan saya katakan saya tidak menerima uang dia ngotot dia sudah transfer katanya saya sudah kirimkan bukti cetak rekening online beserta scranshoot pesan sms masuk mereka pun tidak percaya.
      Katanya dana kami sudah kami kirim katanya hemm

      Delete
  2. saya mau tanya,kan masala saya saat ini sama persis dg yg diatas,klo di cek mutasi,pemberi tahuan pengembalian itu gi mana ya saya bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari hasil cek mutasi sy via internet banking sepertinya data mutasinya hilang kecuali yg tersisa sms pemberitahuan. Mngkin klo lewat cs bank datanya masih ada. Wallahu a'lam

      Delete
  3. Jadi yg harus melapor ke cs bank bri si penerima atau si pengirim

    ReplyDelete
  4. punya saya juga langsung hilang dapat tranferan.itu kira2 uang nya apa kembali ke pengirim ya boos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo menurut pengalaman yg saya alami, dananya kembali kepada si pengirim.

      Delete
  5. Saya jg gto kak
    Pas saya mau ambil duit melalui agent BRI link
    SMS pertama transfer sukses
    Selang 1 menit reversal transfer
    Kak mau tanya kalau sudah begitu
    Duit saldo saya kembali atau tidak kak
    Sebab agent BRI link melakukan transperan k 2 kalinya
    Dan transferan sukses

    ReplyDelete
  6. Saya melakukan penarikan uang di ATM BRI , saya mau mengambil uang 500.000 tapi saya coba 4 kali selalu gagal tapi saldo saya sudah berkurang , apakah uang saya dapat kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Melapor ke cs bank yang bersangkutan gan, saya juga pernah kejadian sperti itu. Alhamdulillah Setelah melapor dananya kembali.

      Delete
  7. Sama sya juga pernah mengalami hal serupa,saat transaksi di salah satu swalayan..saat transaksi pake kartu debit dengan menggunakan EDC oleh kasir swalayan gak bisa dan ganti alat EDC juga sama gak bisa. Kemudian disarankan oleh kasir suruh tarik tunai.akhirnya saya ke ATM dan saya lakukan cek saldo.setelah saya cek ternyata berkurang..saya kembali lagi ke kasir. Eh tiba2 saya dapat notif SMS banking 2x notif dengan nilai jumlah transaksi yg sama. Kemudian sya komplain dengan bukti notif tersebut..disarankan lagi oleh kasir,saya di suruh ke CS bank untuk prin out buku tabungan..karna rumah dan swalayan jauh dan beda kabupaten sya tetap bersikukuh minta bahwa transaksi berhasil 2x sesuai notif..dan lebihnya saya minta kembali

    ReplyDelete
  8. Saya jg pernah mengalami tgl 4 April bln lalu,saya transfer ke teman 1.000.000,- kemudian saya tarik 1.000.000,- kemudian yg penarikan kedua kali sebesar yg sama terjadi Reversal,dana nya tdk keluar sedang di ATM jlh nya berkurang. Lalu saya pindah ke mesin atm yg lain dgn penarikan jlh yg sama jg,berhasil. Pada akhir bulan saya meminta rekening korannya utk mencek masalah Reversal yg terjadi sebelumnya. Jlh dana yg saya cek melalui ATM berbeda dgn di bukunya. Saya tanyakan dgn salah satu karyawan BRI tersebut,katanya mungkin ada potongan lain yg di bekukan.sampai saat sekarang saya masih bingung knp jlh di ATM berbeda dgn di bukunya ?

    ReplyDelete