Peluang Usaha

Sering dikibarkan, Ini arti warna bendera pada balapan MotoGP

Otoproid - Pada ajang balapan moto gp kita tidak asing lagi dengan berbagai macam bendera yang dikibarkan, para rider tentunya sudah tahu dan tentang arti bendera itu namun sebagai penonton tentunya ada rasa penasaran tentang arti warna bendera itu dan pada saat apa bendera itu dikibarkan.





Biar sahabat otoproid penasarannya tidak berlanjut, berikut ini kami paparkan tentang arti berbagai macam bendera pada ajang balap moto gp.

1. Bendera Hitam (Black Flag)


Bendera hitam dikibarkan bersamaan dengan nomor pembalap, artinya pembalap tersebut didiskualifikasi dari balapan, pembalap tersebut dipersilahkan untuk memasuki pit dan diberi kesempatan lima putaran untuk memasuki pit sejak  bendera dikibarkan.




2. Bendera Putih (White Flag)


Bendera putih dikibarkan saat balapan sedang berlangsung, bendera putih dikibarkan untuk memberitahu para rider bahwa mereka dibolehkan untuk mengganti motor. bendera ini biasa dikibarkan saat kondisi trek basah atau tiba-tiba hujan turun.




3. Bendera hitam putih
Bendara hitam putih dikibarkan bersamaan dengan nomor pembalap yang bertujuan memberi peringatan kepada pembalap yang bersangkutan. Peringatan ini biasanya diberikan kepada pembalap yang melakukan tindakan kurang sportif. Jika setelah dikibarkan bendera ini dan masih melakukan pelanggaran maka bendera hitam akan dikibarkan yang berarti pembalap tersebut didiskualifikasi.

4. Bendera hitam dengan orange di tengah
Bendera ini dikibarkan bersamaan nomor pembalap yang artinya moto pembalap sedang mengalami masalah teknis dan diharuskan keluar lintasan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.




5. Bendera kuning

Jika bendera kuning dikibarkan saat balapan tengah berlangsung maka semua pembalap harus mengurangi kecepatan dan dilarang untuk salip menyalip, tanda ini biasanya diberikan jika ada crash atau sesuatu yang menghalangi lintasan balap, sedangkan bila bendera kuning dikibarkan pada saat para pembalap masih di grid (garis start) maka artinya balapan ditunda sementara.

6. Bendera Hijau
Bendera hijau menandakan bahwa balapan bisa dilanjutkan seperti semula.

7. Bendera Merah
Arti bendera merah dikibarkan pada yaitu balapan dihentikan, hal ini biasanya terjadi pada saat hujan deras atau terjadi kecelakaan fatal.

8. Bendera Biru
Bendera biru dikibarkan ditujukan kepada pembalap yang akan di overlap dengan maksud supaya pembalap yang akan di overlap memberi jalan. bendera biru juga biasa digunakan untuk memberitahu pembalap dari pit yang akan masuk lintasan bahwa ada pembalap lain dalam lintasan yang sedang mendekat.




9. Bendera putih dengan garis merah
Bendera ini memberitahukan pembalap bahwa lintasan licin.

10. Bendera dengan garis kuning merah
Sama halnya dengan bendera putih dengan garis merah, bendera ini juga memberitahukan bahwa jalan dalam kondisi licin.

11. Bendera Chequered
Bendera dengan corak yang mirip papan catur ini menandakan bahwa balapan telah selesai dan pembalap terdepan telah melewati garis fnish.

No comments:
Tulis komentar