Peluang Usaha

Khawatir dibobol? Ini Tips aman menggunakan Mobile Banking


Di jaman sekarang, segala kebutuhan bisa segera dipenuhi secara instan. Kemudahan teknologi informasi ini membuat segalanya menjadi mudah saja. Termasuk mempermudah para nasabah bank untuk menggunakan dananya secara daring.



Melui Mobile banking, para nasabah akan lebih leluasa melakukan transaksinya di mana dan kapan saja dia mau. Asal ada koneksi internet dan saldo tabungan masih ada. Hanya saja, pada praktiknya kemudahan ini sering disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk mencuri uang dari korban yang lengah




Karena itulah Anda harus mengetahui beberapa hal sebelum benar-benar ingin menggunakan Mobile banking sebagai alat transaksi 

Tips Aman menggunakan Mobile Banking.


1. Double password.




Maksudnya adalah selain password ketika menggunakan aplikasi mobile banking, sebaiknya Anda juga menggunakan password pada perangkat smartphone yang digunakan untuk keperluan transaksi. Dengan begini hanya Anda yang bisa membuka smartphone.

Double password seperti ini juga akan menghindari penyalahgunaan hape ketika sedang tidak Anda gunakan.


2. Manfaatkan fitur OTP.




Tips aman menggunakan mobile banking berikutnya adalah dengan menggunakan layanan one time password (OTP). Ini memungkinkan hanya nomor yang terdaftar Mobile banking yang bisa menggunakan aplikasinya. Dan hanya nomor yang terdaftar yang bisa melakukan verifikasi untuk melanjutkan transaksi sebelumnya.

Untuk mendapatkan kode OTP ini, kemungkinan Anda harus mengaktifkannya terlebih dulu. Dan perlu diingat bahwa kode OTP ini hanya berlaku untuk Anda saja, tidak boleh ada orang lain yang tahu bahkan orang bank sekalipun.


3. Update HP dan Layanan Mobile Banking.




Pada hp yang sudah terupdate, tentu ada fitur khusus yang akan mencegah transaksi dengan menggunakan aplikasi mobile disalahgunakan oleh orang lain. Fitur ini biasanya hanya tersedia untuk hape yang memiliki spesifikasi terupdate  (perangkat lunaknya) dari pabrikannya.

Selain mengupdate perangkat lunak hape secara keseluruhan, Anda juga mungkin perlu mengupdate aplikasi mobile banking ketika memang ada yang harus diupdate. Pada dasarnya setiap developer baik hp dan aplikasi M Banking, akan menghindari bug atau sesuatu yang error dengan memperbaikinya.


4. Berhati-hati atau hindari menggunakan wifi umum.




Untuk menjalankan aplikasi mobile banking, biasanya akan diperlukan koneksi internet. berhubung sekarang sudah marak warung-warung yang menyediakan layanan sewa wifi, ada baiknya Anda untuk menghindari transaksi dengan menggunakan wifi tersebut.

Karena fasilitasnya yang terbuka untuk semua orang, kemungkinan besar keamanan yang dimilikinya juga tidak begitu bagus. Hal tersebut dikhawatirkan akan digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk meretas akun mobile banking.




Demikian itulah Tips Aman menggunakan Mobile Banking yang bisa langsung dipraktikkan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Satu hal yang pasti, tidak ada maling yang beraksi jika tidak ada kesempatan yang diberikan. Maka, tutuplah kesempatan itu dengan memaksimalkan tips dan kemanan yang ada.

No comments:
Tulis komentar