Fungsi Selang kecil Transparan pada bagian V-belt di Motor Matik

Perawatan pada sepeda motor bukan hanya terletak pada mesin saja. Ada beberapa bagian yang juga harus dirawat agar kondisi motor Anda tetap prima dan tidak mengalami masalah saat digunakan beraktivitas.
Tag: Fungsi selang CVT, Fungsi V-belt, Motor matik, Ciri ciri v-belt kalah, v-belt aus

Salah satunya bagian terpenting motor matik adalah CVT, komponen pengganti transmisi pada motor matik. Berbeda dengan motor bebek, pada motor matik, transmisi dititikberatkan pada CVT yang menggunakan V-belt dan pully variable untuk menghantarkan motor agar berjalan mulus.
Pada bagian CVT motor, terdapat selang bening yang terlihat kecil dan berada di bawah persis kotak CVT di motor. Lantas, apa kegunaanya?




Selang kecil pada CVT selain berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara.
Ternyata ada fungsi lain yaitu menjadi  indikator yang berfungsi untuk melihat kondisi CVT.

Kalau selang kecil tersebut berubah menjadi hitam kemungkinan ada kendala pada CVTnya
Tag: apa fungsi selang kecil pada cvt, fungsi v-belt matik, fungsi selang transparan pada motor matik, fungsi cvt pada motor
Pengendara dianjurkan agar sering melihat keadaan selang transparan tersebut. Pasalnya, selang tersebut penting dan berguna bagi pengendara yang tidak ingin repot membuka CVT.
Sebab kalau selang bening itu kotor atau berwarna hitam sebaiknya periksa komponen didalamnya, seperti roller, V-Belt  dan lain-lain.


Walaupun salah satu fungsinya menjadi indikator tapi tidak bisa dijadikan patokan sepenuhnya, sebaiknya anda tetap rutin menjaga kebersihan bagian dalam CVT agar kinerja CVT maksimal dan tidak cepat rusak.

No comments:
Tulis komentar