Peluang Usaha

Penyebab motor matic sulit dihidupkan

Layaknya moda transportasi lain, sepeda motor matik juga tak luput dari masalah. Salah satu yang kerap `menghantui` bikers adalah motor yang sulit dinyalakan, baik menggunakan electric atau kick starter.

Sebetulnya, biang masalahnya tak beda dengan motor pada umumnya, yaitu kerusakan di komponen tertentu.

Salah satu penyebab mesin sulit hidup yaitu setelan klep atau katup sudah terlalu rapat.
Tag: motor matic sulit hidup, motor matic tidak bunyi, motor sulit hidup, motor tidak bisa di starter, motor susah hidup, penyebab matik mati mendadak, matik mogok, matik susah hidup

Klep terpasang di kepala silinder. Komponen ini membuka dan menutup saluran masuk gas baru dari karburator ke ruang bakar dan silinder (klep masuk), serta membuka dan menutup gas buang (klep buang). Celah klep yang lebar bisa membuat tarikan mesin ringan, tapi lebih berisik, sementara kalau terlalu rapat, mesin bisa sulit hidup.




Masalah lainnya adalah ring seher macet. Ring seher macet membuat kompresi berkurang, turun, tambahnya. Kemacetan ring seher sendiri disebabkan karena menumpuknya sisa kotoran atau kerak dari bahan bakar berkualitas rendah.

Ada pula penyebab lain mengapa motor susah hidup, di luar faktor mesin dan kelistrikan. Salah satunya adalah tercampurnya bahan bakar dengan air.

No comments:
Tulis komentar