Peluang Usaha

5 Fungsi Bluetooth yang jarang diketahui

Bluetooth atau yang dikenal dengan perangkat keras (hardware) sudah banyak tertanam di elektronik seperti smartphone, laptop, printer kamera digital dan masih banyak lagi. Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat ini, namun apakah sobat tahu fungsi dari bluetooth? Bisa dibilang perangkat keras ini adalah pengganti teknologi transfer file sebelumnya yakni, infrared, bahkan sampai saat ini infrared sudah mencapai ke versi 4, namun umumnya pada perangkat masih menggunakan bluetooth dengan versi ke 3 jadi untuk versi 4 masih jarang ditemui pada perangkat yang ada di pasaran, sejarah mencatat bahwa teknologi pertama kali diciptakan bluetooth pada tahun 1994, adalah oleh Ericsson, bluetooth mampu menciptakan personal area network (PAN) mencakup area sekitar dengan jarak yang pendek

Tentu kita sudah tahu bahwa fungsi bluetooth sebenarnya untuk transfer file, namun ternyata bukan itu saja, masih ada lagi fungsi bluetooth yang mungkin belum sobat ketahui, Nah berikut ini daftar fungsi belutooth yang jarang diketahui pengguna nya.
Tag: fungsi bluetooth, fungsi lain bluetooth, fungsi lain dari bluetooth, cara kerja bluetooth.

1. Mengoneksikan dengan Proyektor

Sobat juga bisa menggunakan bluetooth sebagai pengganti koneksi kabel pada proyektor, namun tentunya sobat menggunakan proyektor yang sudah mendukung perangkat bluetooth, dengan jarak yang lebih jauh sobat sudah bisa berpresentasi dengan membawa perangkat yang terkoneksi dengan proyektor.

2. Untuk Bermain Game dengan Gamepad

Gamepad merupakan alat yang digunakan sebagai interface antara pengguna permainan komputer agar lebih mempermudah dalam bermain game. Gamepad idealnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas pemakainya, dan salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan perangkat bluetooth sebagai media penyambung ke komputer tanpa harus menggunakan kabel. Dengan begitu sobat bisa bermain game tanpa harus berdekatan dengan monitor.




3. Berbagi koneksi Internet atau Tethering dengan Bluetooth.

Membagi koneksi internet menggunakan bluetooth ternyata bisa kita lakukan, dimana perangkat yang melakukan tethering memiliki akses dan terkoneksi ke internet, dan pengguna lain harus terhubung dengan smartphone yang berperan sebagai pusatnya.
Untuk mencobanya sobat harus menyiapkan smartphone yang sudah tersedia koneksi internetnya dan membuka pengaturan “ Tethering and Portable Hotspot” dan mencentang bluetooth tethering, selanjutnya sobat siapkan smartphone satu lagi yang belum memiliki koneksi internet dan sobat bisa mencobanya untuk dihubungkan.

4. Untuk Print File

Hampir semua orang sering melakukan cetak mencetak dalam print, nah rutinitas ini kini bisa sobat selesaikan dengan menggunakan bluetooth, bayangkan jika dalam keperluan mencetak sobat harus menyabungkan kabel ke dalam laptop tentu akan sangat repot, terlebih jika kabel print terbatas ukurannya, dengan menggunakan printer yang sudah support dengan bluetooth kini sobat bisa lebih praktis dan cepat.

5. Bertukar File dengan Kamera dan Handycam


Kini sobat tidak perlu khawatir lagi jika kamera digital ataupun handycam sobat kepenuhan memori, karena sekarang sudah tersedia banyak kamera digital ataupun handycam yang sudah support dengan bluetooth.

No comments:
Tulis komentar