Peluang Usaha

Tips ampuh menghemat daya baterai saat Hp lowbat

Otoproid - Kondisi Hp lowbat adalah suatu situasi dimana baterai hp mengalami kekurangan daya, biasanya hal ini ditandai dari peringatan sistem bahwa baterai lemah (Lowbat), pada sebagian Hp peringatan muncul ketika daya baterai kurang dari 20 persen.
Ketika Hp dalam kondisi baterai lemah (Lowbat), maka hal yang sudah pasti dilakukan oleh pengguna adalah segera mengecasnya.

Namun tidak jarang terjadi ketika baterai lowbat, kita sedang dalam posisi yang tidak tepat sehingga tidak ada waktu untuk mengecas, atau juga tidak ada tempat untuk mengecas Hp.
Misalnya kita berada diangkutan umum, dipasar, atau bahkan sedang dirumah tapi dalam kondisi lampu padam.

Jika dalam kondisi seperti ini kita tentu akan berupaya menghemat daya dengan sehemat-hematnya.
Lalu bagaimana cara menghemat baterai agar mampu bertahan lebih lama disaat kita membutuhkan hp yang on terus. Berikut ini otoproid akan membagi beberapa tips menghemat baterai hp disaat darurat.



1. Matikan data Seluler Hp
Jika dirasa tidak penting sebaiknya matikan data seluler, hal ini akan efektif menghemat baterai karena secara otomatis aplikasi yang membutuhkan data seluler tidak akan berjalan.

2. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan
Ada beberapa aplikasi jika tidak ditutup tetap berjalan dilatar belakang hal ini dapat menggunakan daya dan juga data selular. Cara menutup semua aplikasi yang sedang berjalan bisa saja berbeda tiap merk, ada yang harus menekan tombol home dua kali atau menekan dan tahan tombol home, atau merk advan misalnya untuk menutup semua aplikasi dengan menekan tombol kotak yang berada disamping tombol home.



3. Matikan GPS, Wifi, dan Bluetooth
Gps,Wifi, dan Bluetooth yang aktif akan tetap menyerap daya baterai.

4. Kurangi tingkat kecerahan Hp
Salah satu konsumsi terbesar daya baterai yaitu berasal dari cahaya layar. Mengurangi tingkat kecerahan akan membuat konsumsi daya berkurang. Dalam hal ini jangan gunakan mode pencahayaan otomatis.

5. Matikan Notifikasi/Pemberitahuan aplikasi yang tidak penting.
Selain menyerap kuota internet Notifikasi/pemberitahuan dari aplikasi juga dapat menyerap daya baterai. Misalnya notifikasi dari browser ataupun dari aplikasi media sosial.



6. Tidak mengaktifkan kamera
Dalam kondisi seperti ini kamera sebaiknya tidak digunakan, Sebab kamera juga merupakan salah satu fitur pada hp yang banyak menyerap daya baterai.

7. Matikan Screensaver
Screensaver merupakan gambar latar belakang yang diatur agar hp tidak masuk pada mode off atau sleep, mematikan screensaver tentu saja akan menghemat daya baterai.

8. Gunakan keyboard standar
Sekarang banyak kita jumpai aplikasi yang menawarkan berbagai keyboard yang menarik untuk hp, namun untuk kondisi baterai lowbat sebaiknya gunakan keyboard standar hp. Sebab keyboard yang berasal dari aplikasi pihak ketiga akan lebih banyak mengkonsumsi daya baterai.



9. Non aktifkan fitur getar
Mematikan fitur getar dapat meminimalisir penggunaan daya baterai saat ada panggilan masuk. Menggunakan mode silent bisa menjadi pilihan saat kondisi baterai sedang lowbat.

Itulah beberapa tips dari otoproid bagaimana cara menghemat daya hp, Cara diatas bisa juga diterapkan untuk menghemat baterai saat perjalanan jauh, mudik lebaran atau pada saat lampu sedang padam.

No comments:
Tulis komentar