Cara mengatasi "virus" xhelper di android

Otoproid.com - Jika anda merasa bahwa android anda sekarang sering mendownload aplikasi dengan sendirinya, atau android anda sering menampilkan iklan pop up padahal anda sedang tidak menjalankan aplikasi apapun, maka anda perlu waspada bisa jadi android anda sedang disusupi aplikasi xhelper.

xhelper sendiri saya tidak tahu apakah ini termasuk virus atau hanya aplikasi "parasit" yang menggangu, tapi yang pastinya adanya xhelper pada android anda sudah tentu akan meresahkan sekali. Karena aplikasi ini akan berjalan dengan sendirinya tanpa harus diklik, selain memakan kuota internet aplikasi ini juga sering menampilkan iklan pop up, dan yang paling parahnya lagi xhelper membuat android anda mendownload aplikasi lain dengan sendirinya.




Aplikasi xhelper sendiri tidak tampil dilayar pada menu utama sehingga kita tidak akan langsung mengetahui tentang keberadaannya.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa android kita telah disusupi oleh "virus" xhelper?

Caranya cukup mudah dengan membuka menu setelan - aplikasi - setelah itu perhatikan logo android yang bertuliskan xhelper

Berbeda dengan aplikasi lain pada umumnya Xhelper ini tidak bisa dihapus karena telah menyatu dalam sistem android.

Memang pada saat aplikasi ini dihapus xhelper tetap terhapus namun selang beberapa menit kemudian xhelper akan muncul kembali.

Sedangkan Menghapus dengan cara kepengaturan pabrik hanya juga akan menghilangkannya sementara waktu saja, 2-3 hari akan muncul kembali, jadi aplikasi ini seperti tamu yang tak diundang diusirpun tak mau pergi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?



Untuk menghapus aplikasi ini dari sistem maka android anda perlu diroot.

Namun bagi anda yang tidak mau nge root androidnya karena berbagai alasan maka mungkin dengan cara sederhana ini bisa membantu anda untuk mengatasinya.

Sebenarnya cara ini tidak menghapus xhelper di android anda, cuma dengan cara ini kita membatasi aktifitas xhelper diandroid kita.

Berikut caranya...

1. Masuk Ke Setelan
2. Pilih aplikasi
3. Pilih xhelper

4. Pilih Izin

5. Matikan semua izin aplikasi


6. Kembali ke menu xhelper tapi kali ini pilih Notifikasi




7. Blokir semua notifikasi
8. Selesai

Demikian artikel cara mengatasi aplikasi xhelper, kembali lagi bahwa cara diatas tidak menghapus aplikasi xhelper tapi bertujuan membatasi aktifitas xhelper pada android.
Terima kasih sudah berkunjung.
Semoga bermanfaat.

11 comments:
Tulis komentar