Peluang Usaha

Penyebab Lampu motor selalu putus ketika digas tinggi

OTOProid.com - Assalamualaikum sobat otoproid jumpa lagi semoga hari sobat selalu menyenangkan, kali ini otoproid akan membahas artikel yang berjudul penyebab lampu motor selalu putus ketika digas tinggi.


Karena Fungsi yang sangat vital lampu pada sepeda motor membuat komponen yang satu ini harus selalu dalam keadaan baik, jangankan tidak menyala, lampu motor yang redup pun sudah cukup membuat kita kesulitan dalam berkendara pada malam hari.

Jadi karena hal itulah pengendara wajib mengganti bohlam lampu ketika putus, namun tidak sedikit pengendara mengalami bohlam lampu putus padahal baru saja mengganti bohlam lampu dengan yang baru. Putusnya bohlam ini biasanya pada saat motor digas tinggi. Kenapa demikian?
Berikut penjelasan sederhananya...





Bohlam yang putus ketika motor digas tinggi disebabkan oleh arus listrik yang masuk pada lampu motor melebihi kapasitas dari yang dibutuhkan, hal ini bisa terjadi karena rusaknya kiprok atau regulator motor. Penting diketahui bahwa salah satu fungsi kiprok atau regulator motor yaitu mengatur tegangan listrik sepeda motor agar tidak melebihi dari kapasitas yang dibutuhkan.


Untuk memastikan kiprok ini rusak sebaiknya bawa motor kebengkel kepercayaan sobat untuk dilakukan pengecekan, atau jika sobat punya alat Multimeter sobat bisa mengeceknya sendiri dengan cara Putarlah selector pada DC 50 volt kemudian hubungkan probe merah (+) multimeter ke kabel yang menuju ke lampu (biasanya berwarna kuning) dan probe hitam (-) ke massa / body. Hidupkan mesin dan putar perlahan-lahan handle gas, lihatlah jarum pada multimeter apakah menunjukan lebih 13 volt atau tidak. Jika jarum multimeter menunjukan lebih dari 13 v maka dapat dipastikan kiprok anda soak atau rusak.

Demikian artikel sederhana Penyebab lampu motor selalu putus ketika digas tinggi.
Terima kasih telah mengunjungi blog otoproid.com.
Semoga bermanfaat!!!



No comments:
Tulis komentar