Peluang Usaha

Begini Cara cek akun facebookmu kena kebocoran data atau tidak

OTOProid - Akhir-akhir ini dunia dihebohkon dengan adanya kebocoran jutaan data akun facebook, facebook diyakini telah membagi puluhan juta data pengguna akun media tersebut kepada perusahaan konsultan politik Cambrige Analytica.




Pelapor pelanggaran oleh Facebook, Cristoper Wyle, menyebut data yang dibocorkan Facebook sebanyak lima puluh juta data pengguna. Dari total 87 juta, 1,1 juta diantaranya tinggal di Inggris, dikutip dari BBC, Rabu (4/4).
Seperti diketahui bahwa kebocoran data ini tidak hanya menimpa negara luar tapi juga menimpa akun Facebook warga Indonesia, tercatat lebih dari 1 juta data akun orang Indonesia.

Nah, bagaimana untuk mengecek apakah Anda termasuk dari korban 1 juta data pengguna yang bocor atau tidak.
Tenang, Anda cukup mengakses halaman Pusat Bantuan Facebook. Ketik kata kunci Cambridge pada kolom pencarian, maka Anda akan mendapatkan informasi apakah pengguna pernah mengakses aplikasi kuis ‘This Is Your Digital Life’.
Pada halaman ini, di bagian bawah, Facebook akan memberitahukan status pengguna dan teman sekitar pengguna atas Cambridge Analytica. Jika tidak menjadi korban Cambridge Anlytica, maka akan muncul pemberitahuan, pengguna belum pernah mengakses 'This Is Your Digital Life'.  Jika demikian yang muncul, berarti pengguna aman.
Aplikasi itu merupakan aplikasi pihak ketiga yang ada di platform Facebook. Aplikasi ini merupakan aplikasi kepribadian yang mengumpulkan data detail pengguna dan teman pengguna. Data tersebut kemudian dijual secara publik.

No comments:
Tulis komentar