Peluang Usaha

Mengatasi Laptop cepat lowbat padahal baru dicas

OTOProid - Pada umumnya untuk pemakaian normal, rata-rata laptop dapat bertahan rata rata 4 jam, namun tidak jarang terjadi laptop cepat lowbat padahal baru di cas penuh, jika hal ini terjadi jangan buru-buru menganggap baterei sobat sudah bocor atau drop, sebab bisa saja baterei laptop hanya butuh kalibrasi yaitu mensinkronkan antara daya yang tersimpan pada baterei laptop dan indikator baterei pada laptop, karena bisa saja pada indikator sudah terisi penuh namun fisik baterei belum penuh dan bisa juga sebaliknya indikator menunjukan angka belum 100% tapi fisik baterei sudah penuh.

Kalibrasi inilah yang diperlukan agar penunjukan indikator baterei sesuai dengan daya yang ada pada baterei laptop, dan untuk mensinkron maka angka yang tepat pada baterei adalah 0%.


Hal ini juga pernah terjadi pada laptop saya, untuk mengatasinya saya sempat googling akhirnya saya mendapat salah satu artikel yang memuat tentang cara mengkalibrasi baterei laptop, artikel yang saya kutip dari areateknik.blogspot.co.id ini menjelaskan cara mengkalibrasi baterai laptop secara manual dan bisa juga melalui Bios, karena penerapan yang saya lakukan dengan cara manual dan Alhamdulillah berhasil maka kembali saya mengulas cara mengkalibrasi baterei laptop secara manual.

Berikut ulasannya: 



1. Pakailah laptop seperti biasa hingga indikator baterai menunjukan 5%
2. Dalam kondisi baterai 5% "hibernate"-lah laptop anda.
3. Tunggu laptop hingga benar-benar mati total, ini akan memakan waktu berjam-jam. maklum baterai laptop harus benar-benar 0% agar kalibrasi berjalan dengan lancar. Untuk cara yang nomor 3 ini saya coba ber eksperimen pada laptop saya agar saya tidak menunggu berjam-jam, yaitu dengan cara, pada saat laptop sudah mati, tekan tombol power laptop hingga ada peringatan baterei low pada laptop hal ini saya lakukan berulang ulang 5-10 kali setelah itu barulah saya melangkah ke cara yang nomor 4.
4. setelah laptop benar-benar mati "charge"-lah dalam keadaan mati jangan dihidupkan sebelum benar-benar full...

ya...terbukti ternyata laptop cepat lowbat tidak selalu karena baterei yang ngedrop atau bocor.
Demikian cara mengatasi baterei laptop lowbat padahal baru di cas. Semoga bermanfaat...


1 comment:
Tulis komentar