Peluang Usaha

Penyebab Klakson motor tidak bunyi

Horn atau klakson merupakan bagian penting pada sebuah kendaraan, dengan komponen ini kita dapat memberi isyarat berupa suara pada pengguna jalan lain baik itu kendaraan lain ataupun pejalan kaki.

Karena perannya yang sangat penting maka kondisi klakson harus selalu dalam kondisi oke.
Beberapa masalah yang kerap timbul pada klakson diantaranya, klakson tidak mau bunyi sama sekali, klakson kadang bunyi dan lebih sering tidak bunyi, suara klakson kecil.
Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini OTOProid akan mengulas penyebab klakson motor tidak bunyi.


1. Saklar Klakson berkarat atau kotor



Saklar klakson yang berkarat atau kotor dapat menyebabkan klakson tidak bunyi karena arus dari baterei/aki tidak terhubung dengan baik karena terhalangi oleh debu atau karat yang terdapat pada bagian dalam rumah saklar klakson, untuk mengatasi hal ini sobat tinggal membuka dan membersihkan dengan amplas halus atau cairan anti karat dibagian dalam rumah klakson.

2. Soket Klakson lepas atau kotor

Kondisi jalan yang rusak dapat membuat motor mengalami benturan hal ini juga dapat membuat soket pada bagian klakson juga lepas atau bergeser, untuk itu jika sobat mengalami klakson motor tidak bunyi coba cek pada bagian soket. 

3. Periksa baut platina

Selain soket, baut platina yang ada di belakang klakson pun sering menjadi penyebab klakson tidak mau berbunyi. Posisi baut yang berubah karena terlalu sering dipakai atau benturan dapat membuat klakson tidak bunyi. Jika ini yang terjadi, maka Anda tinggal membuka mur pengunci dengan tang, lalu memutar baut dengan obeng agar posisinya kembali presisi. Agar semakin pas, maka penyetelan baut ini dilakukan sambil menekan tombol klakson.

4. Aki motor soak

Aki yang soak sudah tentu membuat suara klakson lebih kecil dari biasanya  atau bahkan klakson tidak dapat bunyi sama sekali, ciri ciri aki soak diantaranya motor tidak bisa distarter tangan.
untuk mengatasi hal ini sobat tinggal membawa aki kebengkel untuk dicas.

1 comment:
Tulis komentar