Peluang Usaha

Bukan hanya tampilan, ini Fungsi beberapa Aksesoris motor

OTOProid - Sering kita menjumpai pemilik sepeda motor menggunakan aksesoris tambahan yang dipasang pada bagian tertentu pada motor miliknya. mungkin kita berfikir bahwa aksesoris tersebut hanya untuk menambah tampilan menarik pada motor, tapi tahukah sobat bahwa selain untuk "gagah-gagahan" memasang aksesoris pada sepeda motor juga memiliki fungsi untuk aspek keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara.

Sebenarnya ada dua type Aksesoris yang terpasang pada sepeda motor, ada yang merupakan hiasan semata untuk menambah tampilannya biar lebih ganteng, dan juga ada aksesoris yang memiliki fungsi yang selain untuk menambah tampilan sepeda motor, tetapi juga memiliki fungsi khusus pada sepeda motor.

Berikut ini beberapa aksesoris motor yang memiliki fungsi khusus...


1. Frame Slider
Aksesoris yang satu ini banyak kita jumpai pada sepeda motor full fairing, ataupun motor type street. bagi sobat yang sering touring pasti tahu fungsi dari Frame Slider ini. Ya...Fungsi frame slider yang dipasang pada sepeda motor yaitu untuk mengurangi kerusakan fatal apabila motor mengalami kecelakaan, jatuh atau terbentur di aspal, cara kerja aksesoris ini yaitu pada saat motor terjatuh maka "diharapkan" bagian yang yang pertama terbentur di aspal adalah frame slider ini sehingga body ataupun tangki terhindar dari benturan awal yang cukup keras. Frame slider yang baik ialah yang bagian ujungnya bisa berputar sehingga apabila motor terjatuh dan terbentur aspal maka gaya atau momen motor tersebut bisa direduksi oleh putaran ujung frame slider tersebut.


2. Proguard Racing atau pelindung Rem (Handguard)



Aksesoris ini berfungsi untuk melindungi tuas rem patah ketika terjatuh dan tentu saja juga berfungsi melindungi jari karena karena patahan tuas rem dapat membuat jari terluka dan bahkan patah.
pada dunia balap aksesoris ini sangat berperan penting, dengan adanya pelindung rem ini tuas rem menjadi terlindungi jika terjadi senggolan sesama pembalap. bayangkan jika terjadi senggolan pada saat tikungan dan tuas rem tersentuh sudah pasti sistem rem akan bereaksi dan dapat membuat pembalap terjatuh.




3. Steering Dumper atau Stabilizer Stang



Stabilizer Stang berfungsi untuk membuat stang lebih stabil (Tidak bergetar) pada saat kecepatan tinggi maupun tikungan. Aksesoris ini banyak biasa digunakan pada saat drag dan roda recer serta untuk keperluan kontes sepeda motor.

2 comments:
Tulis komentar
  1. aksesoris motor emang bisa bikin tampilan motor jadi lebih cakep dan wah, apalagi kalau misalkan pake aksesoris resmi seperti yamaha part, atau AHM, makin joss

    ReplyDelete