Peluang Usaha

12 Trik Searching di Google agar pencarian efektif

Google merupakan mesin pencari terbesar didunia, dengan adanya mbah google kita dimudahkan untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan, caranya kita tinggal mengetik keyword atau kata kunci, dan google siap menjelajah untuk mencarikan informasi sesuai kata kunci yang kita ketik.
Namun kadangkala dalam melakukan searching kita tidak langsung mendapatkan informasi yang diinginkan, bahkan kita harus mengulang mengetik kata kunci yang baru agar mendapatkan informasi yang pas sesuai yang diinginkan. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengetahui trik cara pencarian di google agar hasil pencarian sesuai dengan yang kita inginkan.

Artikel berikit ini OTOProid akan membahas 12 Trik searching di Google agar pencarian efektif.
Tag; langkah langkah pencarian web dengan google, teknik pencarian di google, google search image, trik pencarian google, cara melakukan pencarian di google, teknik pencarian efektif dengan google trik, searching google
 

1. Pencarian berdasarkan file gunakan (Filetype:)

Google tidak hanya dapat mencari kata namun google juga bisa mencari berupa file baik HTML, PDF atau file yang lainnya sobat akan mencari file dalam bentuk pdf, sobat tinggal mengetik Filetype: PDF, maka yang akan muncul adalah data yang terdapat file PDF.

2. Gunakan tanda petik (“)




Penggunaan tanda petik bertujuan agar pencarian kata lebih efektif, tidak pisah antara satu kata dengan yang lain misalnya pencarian “wisata kolaka” maka hasil yang akan muncul adalah google akan menampilkan kata yang mengandung kata wisata dan kolaka tanpa terpisah oleh kata lain.

3. Mencari Definisi Suatu Kata gunakan (define:)

Penggunaan kata define saat melakukan pencarian di Google sangat efektif untuk membantu anda menemukan definisi kata yang sedang kita cari (Contoh : define: karbon).

4. Mencari bagian dari URL gunakan( inurl:)

Penggunaan inurl bertujuan untuk mencari kata yang merupakan bagian dari url misalnya saya akan mencari url yang mengandung kata wisata maka saya harus menuliskan inurl:wisata untuk mendapatkan hasil pencarian tersebut.

5. Mencari kata dalam sebuah website gunakan (Site:)

Penggunaan ini bertujuan untuk mencari kata yang ada dalam sebuah wesbsite misalkan kita akan mencari kata tips pada website  detik.com, maka kita harus mengetikan site:www.detik.com tips

6. Mencari link gunakan (Link:)

Cara yang satu ini bertujuan untuk mencari website apa saja yang memuat suatu link, misalnya kita ingin mengetahui website yang memuat link viva.co.id, maka kita harus mengetikan link: www.viva.co.id maka akan tampil seprti cntoh berikut.

7. Mencari sebuah title gunakan (intitle:)

Penggunaan intitle ini berfungsi untuk mencari title pada sebuah website yang mengandung kata yang sobat tuliskan, misalnya saya akan mencari title free game, maka saya harus mengetikan intitle:Free game, maka yang akan muncul semua website yang mengandung title tersebut.

8. Penggunaan Tanda Dashed (-)

Dashed atau strip (-) biasanya digunakan untuk membuat pengecualian ketika melakukan pencarian di Google. Bila kita mengetik kata tips tepung terigu – Bogasari, maka Google akan menampilkan hasil tentang pencarian tips tepung terigu yang tidak mengandung kata Bogasari di dalamnya. Hal ini akan memudahkan anda melakukan seleksi saat menggunakan Google.

9. . Mencari Beberapa Keyword Sekaligus

Agar dapat mencari beberapa keyword sekaligus, kita dapat menggunakan tanda pipe (|) untuk memisahkan keyword yang dicari, contoh penggunaannya yaitu kue|roti|bolu. Maka Google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung kata kue, roti, bolu atau pun yang mengandung ketiga kata tersebut.

10. Penggunaan Tanda Star (*)

Untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih luas dan lebih populer menurut data yang dikumpulkan Google, kita dapat menggunakan tanda bintang (*) pada keyword yang digunakan. Misalnya kita menggunakan keyword *ikan goreng, maka Google akan menampilkan hasil lainnya yang berkaitan dengan keyword yang dicari, contohnya menu ikan goreng, resep ikan goreng, ikan goreng sambal terasi dan berbagai hasil populer lainnya. Selain menggunakan tanda bintang, kita juga dapat menggunakan kata related untuk menampilkan hasil populer yang berhubungan dengan keyword yang kita cari.

11.  Penggunaan Tanda Tilde (~)

Tanda bergelombang yang dikenal dengan sebutan tilde tersebut akan membantu kita untuk mencari keyword lain yang masih berhubungan dengan keyword yang anda masukkan. Bila Anda mengetikkan kata ~universitas “teknik industri”, maka Google akan menampilkan hasil yang relevan dengan kata universitas (misalnya akademi, perguruan tinggi, sekolah tinggi) yang kemudian diikuti dengan hasil pencarian keyword “teknik industri”.

12. . Penggunaan Tanda Dua Titik (..)

Tanda dua titik digunakan untuk menampilkan hasil informasi pada rentang waktu tertentu yang anda tentukan, misalnya saja “bisnis populer” 2009..2014, maka Google akan menampilkan hasil pencarian keyword “bisnis populer” yang berada pada rentang waktu 2009 sampai 2014.

Dari berbagai Sumber


No comments:
Tulis komentar