Fungsi winglet atau sayap tambahan pada MotoGP

Seperti yang kita ketahui ada yang berbeda dari tampilan motor pada MotoGp 2016, yaitu adanya winglet atau sayap tambahan pada bagian depan motor.

Sebenarnya winglet ini telah diterapkan oleh motor Ducati pada musim 2015, setelah itu Yamaha, Honda dan pabrikan lain mulai mengikuti jejak Ducati.


Namun seiring berjalannya waktu penggunanaan sayap tambahan ini ternyata mengundang kontoversi karena dianggap berbahaya sehingga pihak motoGp mulai melarang sayap tambahan ini pada gelaran motoGP 2017.
Tag: Fungsi sayap pada motogp, winglet motogp, motogp 2016, winglet motogp yamaha, winglet rossi, winglet ducati, fungsi winglet, sayap tambahan, sayap dimotor lorenzo




Isu tersebut muncul ketika pembalap Honda, Marc Marquez ditempel dengan sayap pembalap Ducati pada balapan di Argentina. Beruntung pembalap Spanyol tersebut tidak mengalami luka. Kejadian kedua ketika rekan Marquez, Dani Pedrosa menabrak pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Ketika itu sayap pedrosa  menyentuh kaki Dovizioso.


Namun dibalik ada bahaya yang bisa timbul, ternyata sayap ini berfungsi  meningkatkan gaya tekanan kebawah (Downforce) sehingga mengurangi ban depan terangkat ketika akselerasi  tinggi hal ini biasa terjadi ketika motor keluar dari tikungan. 

1 comment:
Tulis komentar