Peluang Usaha

Kembaran motor Indonesia dengan motor luar negeri tapi dengan nama berbeda

Agen pemegang merek memasarkan kendaraan dengan nama yang disesuaikan dengan kondisi pasarnya. Suatu produk bisa memiliki nama yang berbeda di beberapa negara.
Penamaan produk ini sengaja dilakukan agar dapat diterima konsumen. Bahkan, nama produk ini bisa dianggap unik dan lucu jika mengacu pada kebiasaan di Indonesia

Honda Blade
Revo dan Blade merupakan nama yang dipakai Honda untuk salah satu motor bebeknya bermesin 110 cc di Indonesia. Motor ini juga memiliki kembaran di mancanegara dengan nama yang berbeda.
Revo ternyata punya kembaran di Malaysia, namanya Wave. Sementara itu, Honda Blade di Negeri Jiran dikenal sebagai Honda Wave Dash.
Adapun untuk motor bebek Honda bermesin 125 cc di Indonesia dikenal dengan nama Supra X. Motor dari jenis ANF 125 ini juga punya kembaran, bernama Future 125. Di Eropa misalnya, Supra X berganti nama menjadi Honda Innova.




Suzuki Satria Fu 150
Motor bergaya ayam jago ini selain populer di Indonesia, juga terkenal hingga ke Malaysia. Di negara tetangga itu, Satria berganti nama yang cukup unik yaitu Belang R150.
Spesifikasi antara Belang R150 atau Satria Fu 150 sama persis. Motor ini mengusung mesin 4 tak DOHC 147 cc dan dilengkapi dengan air-oil cooled. Keduanya juga dilengkapi dengan electric dan kick starter.
Perbedaan antara keduanya hanyalah pada pilihan warna, dimana Belang R150 lebih sedikit. atria FU150 dilengkapi dengan empat varian warna (hitam, merah, putih, dan biru), Belang R150 hanya tersedia dalam tiga warna (merah, putih, dan hitam).


Yamaha Mio
Yamaha Mio merupakan salah satu skutik terlaris di Indonesia. Popularitas skutik ini juga menular ke Malaysia.
Namun demikian, motor ini juga dijual tetapi dengan nama Yamaha Ego. Sama seperti disini, Yamaha Malaysia menjual beragam varian Ego seperti Ego S yang kita kenal sebagai Mio Soul GT.
Perbedaaannya yaitu Ego S dimensinya lebih besar dan tidak dilengkapi grill layaknya Soul GT. Model ini juga dilengkapi dengan reflektor di spakbor belakang untuk memenuhi regulasi.


1 comment:
Tulis komentar