Peluang Usaha

Penyebab Starter Tangan motor tidak berfungsi

Starter elektrik atau starter tangan pada sepeda merupakan komponen yang sangat penting, komponen ini berfungsi untuk menhidupkan mesin tanpa harus menggunakan kick starter atau biasa disebut starter engkol, namun tidak jarang terjadi starter elektrik tidak berfungsi, tentu akan merepotkan menggunakan kick starter apalagi pengguna sepeda motor matic, karena untuk menghidupkan motor harus pada posisi telah distandar. nah, artikel kali ini saya akan membagi sedikit info tentang penyebab starter motor tidak berfungsi.

Berikut ini beberapa penyebab starter tidak berfungsi:
Tag; cara memperbaiki stater tangan motor, penyebab starter elektrik rusak, memperbaiki starter tangan motor
1. Aki atau baterai
Baterai atau yang biasa disebut aki adalah salah satu sumber tenaga kelistrikan pada sepeda motor, termasuk untuk memutar dinamo penggerak starter, jika aki rusak tentu saja starter tidak akan berfungsi sebab sumber arusnya tidak ada, jadi langkah awal yang harus dilakukan jika starter tidak berfungsi yaitu cek aki apakah masih bagus atau sudah rusak untuk mengecek gunakan Avo meter atau biasa juga disebut Multimeter, tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 Volt, jika kurang. sobat dapat mengisi ulang aki dengan cara di cas. tapi jika daya tidak ada kemungkinan aki sobat telah rusak dan jika baterai rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

2. Rangkaian starter
Jika aki sobat ternyata masih bagus, langkah selanjutnya yaitu mengecek rangkaian strater, mulai dari kabel, soket hingga tombol starter, periksa kabel apakah ada yang putus dengan menggunakan multimeter, sedangkan utuk soket dan tombol starter gunakan amplas halus.




3. Relay starter atau bendik
Relay starter atau bendik berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter.
Cara mengeceknya, sambung dua  kabel (biasanya ada soketnya) ke baterai (+ dan -). Jika terdengar suara "cetak" berarti masih bagus. Jika tidak kemungkinan besar bendik sudah mati dan satu-satunya cara menggantinya dengan yang baru.

4. Motor starter (dinamo)
Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa.

Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah aus atau kumparan putus. Jika hanya brush-nya saja yang sudah aus, Anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus, sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.

No comments:
Tulis komentar