12 tips sebelum membeli Android Bekas

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Postingan kali ini saya mau memberikan tips sebelum membeli smartphone bekas, membeli smartphone bekas memang menjadi solusi untuk memiliki untuk memiliki smartphone impian, tapi sebelum membeli sebaiknya sobat mengetahui kekurangan smartphone yang akan anda beli,agar sobat tidak menyesal karena membeli terlalu mahal atau ternyata ada beberapa fitur yang tidak berfungsi dengan baik.
berikut ini OTOProid memberikan 12 tips sebelum membeli smartphone android bekas.
Tag: tips hp android bekas, tips sebelum membeli android bekas, ciri ciri android bekas yang bagus, tanda android bekas yang sudah pernah diservis

1). Cek Harga Pasaran

Sebelum memutuskan membeli sebaiknya sobat mencari informasi tentang harga pasaran smartphone tersebut, sobat bisa mencari di google atau  sobat juga dapat membandingkan dengan harga baru karena tentu barang bekas harganya pasti susut.

2). Cek Kelengkapan Smartphone
Apabila mau membeli android bekas sebaiknya tanyakan kelengkapan android tersebut seperti Dusbook, earphone, kabel USB, Charger, dan sebagainya pastikan juga android yang sobat mau beli original, sobat dapat mencocokkan nomor imei smartphone dengan dusbook untuk mengecek keaslian smartphone dengan mengetik *#06#


3). Periksa kondisi fisik Body dan Tombol
Periksa body apakah masih mulus atau ada cacat dibagian tertentu dan tanyakan riwayat tentang cacat tersebut, selain itu cek juga semua tombol baik tombol manual ataupun touchscrean. Sobat bisa mengecek tombol manual power (on/off) dengan mematikan dan menghidupkannya kembali, cek juga tombol volumenya.

5). Cek Segel
Segel biasanya bisa sobat cek di dalam casing hp, pastikan smartphone android bekas yang akan sobat beli masih ada label segelnya.Segel ini merupakan pertanda bahwa smartphone tersebut belum pernah di bongkar atau diservis sebelumnya. Sobat bisa lihat di bagian segel penutup baut yang masih utuh, karena smartphone android yang masih segel kondisi penutup baut masih dalam keadaan utuh, sobat bisa cek di bagian belakang, buka casing yang menutup baterai dan di situ akan terlihat.

6). Cek Kondisi Layar
Pertama, pastikan layar masih mulus, jika ada sedikit goresan maklumi saja.Pastikan juga layar tidak bermasalah seperti adanya noda hitam pada layar, dead pixel, ada garis pada layar, dll.Tanyakan kepada penjual apakah sebelumnya sudah pernah diganti Touchscreen ataupun LCD dari smartphone tersebut.Karena walaugimanapun layar smartphone yang sudah pernah diganti responsif nya pasti berkurang apalagi jika diganti dengan yang KW.

7). Cek Speaker
Terutama buat sobat yang suka mendengarkan musik, pastikan kualitas suara dari speaker masih jernih, cek juga speakernya saat dengan melakukan panggilan suara.  

8). Cek Microphone
Ini yang biasa pembeli lupa mengecek, untuk mengecek microphone sobat harus melakukan panggilan suara ke handphone sendiri dan mendengarkan apakah penerimaannya masih jelas atau tidak.

8). Cek Konektifitas
Ini sih tidak terlalu berpengaruh, karena biasanya jika ada error pada konektifitas bisa diperbaiki dengan cara flashing ulang smartphone.Tetapi jika sobat tidak mengerti caranya tidak salah untuk cek sinyal, melakukan panggilan, sms, dan browsing.Pastikan semua bisa berjalan dengan lancar.Jangan lupa juga untuk mencoba bluetooth dan wifi.

9). Pastikan sinyal berfungsi dengan baik
Mengecek kekuatan sinyal merupakan hal yang sangat penting berikutnnya karena sinyal yang baik akan membuat smartphone android bisa berfungsi deng baik dalam menerima telpon, sms, internet dan yang lainnya.

9). Cek Kamera
Cek kamera depan dan belakang smartphone yang akan sobat beli.Pastikan tidak ada lecet pada lensa kamera.Dan juga coba take 1 foto dari masing-masing kamera.Disini bukan masalah bagus atau tidaknya hasil dari kamera tersebut.Tetapi, sesuaikan hasil kamera smartphone tersebut dengan besar ukuran pixel yang disediakan.

10. Speksifikasi yang di miliki
Pastikan juga sobat mengetahui speksifikasi yang di miliki smartphone yang akan sobat beli secara keseluruhan seperti versi android, CPU, kapasitas RAM, koneksi yang di gunakan, kualitas kamera, sensor dan fitur lainnya, sobat bisa cek speksifikasi lewat internet.


11). Cek Baterai
Sangat bagus jika smartphone tersebut masih menggunakan baterai original karena daya tahan baterai original akan berbeda dengan baterai lainnya.Tetapi, pastikan juga baterai originalnya masih berfungsi dengan baik sesuai besar daya yang dimiliki.Jangan sampai baterai tersebut sudah gembung.

12). Garansi
Sebagai pertimbangan, sobat bisa menanyakan sudah berapa lama smartphone tersebut dipakai dan apakah kartu garansinya resmi atau distributor.Karena jika garansi resmi sobat bisa dapat langsung ke galeri resmi smartphone tersebut.Sedangkan garansi distributor hanya bisa dibawa ke toko dimana dibelinya smartphone tersebut.Jangan lupa juga meminta garansi personal dari penjual minimal 1 minggu.Tapi perlu diingat bahwa garansi biasanya tidak diterima apabila disebabkan Human Error.

No comments:
Tulis komentar