Peluang Usaha

6 Penyebab Lampu motor redup tidak terang dan cara mengatasinya

Otoproid.com - Lampu adalah salah satu bagian terpenting pada sebuah kendaraan. Dengan lampu yang kurang terang pengendara akan kesulitan berkendara dimalam hari.





Untuk itu kinerja lampu yang optimal wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor sebab memaksakan berkendara dengan lampu yang kurang terang dapat membahayakan diri dan juga orang lain.

Untuk itu komponen yang satu ini harus selalu diperhatikan agar peforma dalam memberikan penerangan saat berkendara selalu terjaga.

Tidak sedikit diantara kita yang mengalami kondisi dimana saat berkendara kita baru menyadari bahwa ternyata lampu motor kita kurang terang atau redup.

Dalam artikel kali ini otoproid akan membahas beberapa penyebab lampu motor kurang terang atau redup.

Berikut ini beberapa penyebab lampu motor redup atau kurang terang.

1. Reflektor lampu kotor
Reflektor lampu yang kotor dapat menyebabkan lampu motor kurang terang sebab cahaya yang berasal dari bohlam lampu tidak terpantulkan dengan baik karena adanya kotoran yang menempel pada reflektor.
Cara mengatasinya:
Cukup dibersihkan.




2. Balon lampu Gosong
sumber gambar : atozz.wordpress.com
Walaupun masih bisa menyala namun balon lampu yang gosong akibat panas berlebihan dan terus menerus akan membuat cahaya dari balon lampu terhalangi oleh bercak hitam yang ada pada kaca balon lampu.
Cara mengatasinya:
Sebaiknya balon lampu ganti dengan yang baru.

3. Fitting / Soket lampu karatan

Fitting Soket lampu biasanya terbuat dari bahan logam, bahan logam disini juga berfungsi sebagai pengantar arus. Jadi jika soket ini berkarat dapat membuat arus yang masuk pada balon lampu menjadi terhambat atau kurang maksimal hal ini dapat mengakibatkan lampu motor tidak menyala dengan terang.
Cara mengatasinya:
Cukup diamplas




4. Soket lampu kendor

Untuk memasang balon lampu pada dudukannya biasanya soket/fitting lampu agak sedikit ditekan kemudian diputar,tujuannya agar balon lampu terkunci pada soketnya, ada beberapa kesalahan dalam memasang balon lampu ini yaitu kurang sempurnanya balon terkunci pada soketnya, hal ini biasanya membuat lampu motor tiba-tiba mati ketika berjalan dijalan yang rusak.
Hal lain yang biasanya terjadi yaitu karat yang terdapat pada dudukan lampu membuat balon sedikit bergeser dari tempat seharusnya.
Cara mengatasinya : 
Pastikan balon lampu terpasang dengan benar pada dudukannya.


5. Kiprok atau regulator lemah


Kiprok disini berfungsi untuk mengatur pasokan arus listrik kedalam lampu jika kiprok bermasalah maka secara otomatis suplai arus ke lampu motor dapat terganggu.
Cara mengatasinya :
Sebaiknya ganti yang baru, namun untuk memastikan kiproknya yang bermasalah sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan alat multimeter atau bisa langsung membawa kebengkel kepercayaan anda.




6. Kaca mika lampu buram


Kaca buram biasanya terjadi karena kaca lampu terkena panas dari cahaya lampu dan dingin dari air secara bersamaan, hal ini biasanya terjadi saat berkendara saat hujan dan lampu dalam kondisi menyala.
Cara mengatasinya :
Sebaiknya ganti dengan yang baru, sebenarnya bisa juga dengan memolesnya dengan amplas yang sangat halus.

No comments:
Tulis komentar