Peluang Usaha

Hati-hati data anda! Lakukan hal ini sebelum menjual bekas Android anda


OTOProid.com - Banyak alasan seseorang ingin menjual Android nya, bisa saja sudah bosan dan ingin ganti dengan Android model terbaru, sudah rusak, atau bisa juga karena pada saat itu sedang butuh uang, atau bisa juga sudah tidak mau lagi menggunakan hp, hm...tapi sepertinya alasan yang terakhir sulit terjadi.

Berbicara tentang android bekas tidak sedikit orang yang menjual android nya begitu saja tanpa memikirkan data pribadi yang masih terkait dengan android tersebut. Dan juga banyak orang beranggapan dengan mecabut memori eksternal akan menghapus semua data yang ada pada android tersebut, padahal tidak demikian.

Perlu diketahui bahwa mencabut kartu memori pada android hanya menghilangkan data ekternal pada android tersebut.



Bahkan melakukan Factory reset pada android pun tidak menghilangkan data anda secara permanen karena sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi android yang dapat memulihkan data yang telah terhapus, termasuk foto dan video pribadi yang tentunya tidak ingin disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lantas bagaimana cara agar semua data pribadi hilang sebelum menjual android anda?
Berikut ini otoproid akan membahasnya dalam artikel Hati- hati data anda! Lakukan hal ini sebelum menjual bekas android anda.

Berikut caranya:

1. Meng-Encrypt storage memorinya terlebih dahulu
Encrypt storage pada android berfungsi untuk mengubah data menjadi file seperti teracak sehingga sulit terbaca.
Cara Meng-Encrypt strorage android
Pada beberapa smartphone android tersedia pada menu setting - keamanaan - Enkripsi. namun tiap tiap merk bisa saja berbeda letak menu enskripsinya.



2. Setelah di Encrypt lakukan Factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik, menu ini berada pada menu setelan - Cadangkan / setel ulang

3. Jika anda masih takut dan ingin lebih aman lagi, setelah melakukan cara diatas isi lagi file baru seperti musik, video atau gambar yang tidak penting setelah itu encrypt lagi dan factory reset lagi. Hal ini bertujuan agar file-file yang baru mengubur lebih dalam file lama anda dan sulit dicari ulang.

4. Hapus atau logout akun GMail anda.
Baca juga : Cara menghapus akun Gmail di android

5. Sebaiknya anda tidak menjual android anda beserta memori eksternalnya, kecuali memang memori eksternal tersebut masih baru.

Demikian artikel tentang cara mengamankan data sebelum menjual android, Terima kasih telah berkunjung.
Semoga bermanfaat!!!

No comments:
Tulis komentar