Peluang Usaha

Penyebab cakram motor bunyi berdecit dan cara mengatasinya

Otoproid - Assalamualaikum brosist...! Mengendarai sepeda motor dengan kondisi semua part motor dalam kondisi baik akan membuat pengendara merasa nyaman dan tenang dalam mengendarai, tentu kenyamanan ini akan hilang  kalau ada salah satu komponen sepeda motor mengalami kerusakan ataupun terdapat suara-suara aneh yang mengganggu yang sumbernya bukan dari suara mesin.




Bunyi aneh ini salah satunya biasa bersumber dari rem cakram yang bunyinya seperti suara tikus yang berdecit yang tentu akan membuat pengendara akan merasa tidak nyaman, bahkan bisa membuat pengendara lain terganggu.

Bunyi berdecit pada rem cakram motor memang sering dialami oleh banyak orang, lantas apasih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini otoproid membahas dalam artikel dengan tema ''Penyebab cakram motor bunyi berdecit dan cara mengatasinya''

1. Kampas rem dan komponen sistem pengereman kotor 
Kampas rem yang kotor menyebabkan gesekan antara kampas rem dan cakram menjadi tidak sempurna, sehingga menghasilkan bunyi pada saat motor direm biasanya hal ini disebabkan karena debu ataupun motor sering melewati genangan air.

Solusinya : Bersihkan seluruh part sistem pengereman dengan air sabun.

2. Piringan cakram tipis dan tidak rata
Piringan cakram yang tipis dan tidak rata membuat kampas rem hanya bergesekan pada sisi tertentu pada piringan cakram, selain menghasilkan bunyi yang mengganggu kondisi ini juga membuat rem menjadi tidak vakem

Solusinya : Jika piringan cakram sudah menipis dan tidak rata sebaiknya ganti dengan yang baru sebab apabila dibiarkan maka siap-siap untuk mengganti kampas rem lebih sering. 




3. Kampas rem selip
Rem selip biasanya diakibatkan oleh kebiasaan pengendara yang selalu menyiagakan jarinya pada tuas rem sehingga tanpa sadar menarik tuas rem secara terus-menerus dan membuat komponen rem menjadi panas hal ini membuat kampas akan menjadi keras dan menimbulkan bunyi.

Solusinya : Ganti kampas rem dengan yang baru, dan hindari kebiasaan menyiagakan jari pada tuas rem.

4. Kampas dan Sistem pengereman terkontaminasi oli
Terkontaminasinya sistem pengereman dengan oli biasanya diakibat oleh oli seal subreaker motor yang bocor sehingga tetesan oli akan mengalir dan melumuri kampas rem. selain dapat menimbulkan bunyi hal ini  juga dapat berakibat kampas rem menjadi gosong.

Solusinya : Ganti kampas rem dan jika terjadi kebocoran oli seal segera perbaiki


5. Kampas rem aus atau tipis
Ausnya kampas rem membuat piringan cakram tidak lagi bergesekan dengan bagian asbes dari kampas rem melainkan langsung bergesekan dengan bagian besi dari kampas rem, hal ini tentu saja akan membuat bunyi gesekan yang terjadi antara besi dari kampas rem dan besi dari piringan cakram.

Solusinya : Segera ganti kampas rem sebab jika dibiarkan akan membuat piringan cakram menjadi tipis dan tidak rata.

Demikian artikel tentang mengatasi cakram bunyi berdecit, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Jangan lupa baca artikel kami yang lainnya...
Wassalam...

No comments:
Tulis komentar