Peluang Usaha

6 Penyebab motor injeksi tiba-tiba mati

OTOProid - Apa jadinya jika dalam mengendarai sepeda motor, motor yang kita kendarai tiba tiba mati atau mogok tentu akan membuat panik dan bingung, apalagi bagi orang yang tidak tahu sama sekali tentang mesin.


Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan itu terjadi untuk motor yang menggunakan sistem karburator sendiri akan lebih mudah dideteksi Kehadiran motor injeksi memang sudah tidak bisa ditolak lagi, karena injeksi merupakan teknologi terkini yang diaplikasikan setiap pabrikan motor. Berbeda dengan awal-awal penggunaannya, kini teknologi injeksi manfaatnya dapat dirasakan bagi pengguna, salah satunya perawatannya yang mudah dan praktis.

Walaupun demikian, tetap saja motor injeksi bisa mogok karena ada kerusakan. Yang paling sering ditemui yaitu pada 5 hal di bawah ini.

1. Injektor / nozel rusak
Fungsi vital dari injektor adalam menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang bakar mesin, jika injektor rusak tentu saja akan membuat suplai bahan bakar terganggu.

2.Aki (accu)
Aki pada motor injeksi tidak hanya berfungsi sebagai sumber kelistrikan sepeda motor tapi lebih khusus aki berperan penting dalam menghidupkan fuel pump (pompa bahan bakar) jika aki mati maka pompa bahan bakar akan mati dan tentu suplai bahan bakar terhenti.




3. Fuel pump (rotak)
Rusaknya fuel pump dapat menyebabkan aliran bahan bakar dari tangki bensin menuju injektor/nozel terhambat atau bahkan bisa sama sekali tidak ada aliran bahan bakar.

4. Busi
Tidak berbeda dengan motor karbu motor kerusakan pada busi juga akan membuat motor tidak dapat dihidupkan sebab busi berfungsi membakar campuran bahan bakar dan udara yang disemprotkan oleh injektor.

5. Katup/klep (valve)
Masalah pada klep biasanya diawali dengan motor kekurangan tenaga atau kompresi, jadi jika sobat merasa motor sudah kekurangan kompresi segera periksakan motor sobat di bengkel, mengatasi hal ini biasanya klep akan disekir.

6. Masalah lain
Tentu saja banyak faktor lain yang bisa sebabkan motor injeksi mogok, seperti terganggunya jalur pengapian, mulai dari spul, pulser, ECU/ECM, koil dan busi. Juga kabel body atau sensor-sensor yang biasa ditandai dengan kedipan pada lampu indikator mil di bagian dasbor.

Demikian artikel 6 penyebab motor injeksi tiba-tiba mati semoga bermanfaat.
tetap lakukan service berkala pada motor sobat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah

No comments:
Tulis komentar