Peluang Usaha

Jangan asal ganti, Ini kekurangan memakai ban besar

OTOProid - Mengganti part sepeda motor yang standar adalah hal yang lumrah dimasyarakat dan sah-sah saja dilakukan oleh biker manapun bahkan dengan mengganti part akan membuat tampilan kuda besi menjadi lebih keren termasuk mengganti ban motor standar dangan ban yang ukurannya lebih besar, tentu saja hal ini akan menambah kesan garang dan tentu saja keren.

Namun dibalik kesan menarik ternyata mengganti ban yang lebih besar ternyata juga ada efek negatifnya. berikut ini otoproid akan mengulas tentang Efek negatif yang timbul karena memakai ban besar pada sepeda motor, semoga bisa menjadi pertimbangan sebelum sobat mengganti ban standar dengan ban yang lebih besar.


1. Gear Set cepat Aus
Tidak bisa dipungkiri mengganti ban besar akan mengakibatkan gear set (Rantai dan Gear) akan lebih cepat mengalami keausan karena kinerja tarikan yang bertambah lebih berat dari sebelumnya.
sama halnya dengan motor matic maka efeknya akan beribas pada CVTnya.



2. Kinerja rem menjadi lebih berat
Efek negatif berikutnya yaitu kinerja rem menjadi lebih berat, hal ini terjadi karena beban yang diterima lebih berat sehingga dibutuhkan cengkraman rem yang lebih pakem, dengan bertambahnya kinerja rem tentu akan berimbas pada kanvas rem yaitu akan membuat kanvas rem aus lebih cepat.

3. Star awal sedikit lebih berat
Dengan ban lebih besar tentu  saja akan membuat tarikan mesin saat star awal akan terasa berat, karena beban dari ukuran ban bertambah.

4. Lebih Boros bahan bakar
Dengan beban yang bertambah tentu saja akan menambah ekstra kinerja putaran mesin hal ini juga akan berimbas pada konsumsi bahan bakar yang relatif lebih banyak.

Itulah beberapa kerugian memakai ban besar, semoga info ini bermanfaat!!!
Terima Kasih

No comments:
Tulis komentar