Peluang Usaha

8 Tanda Lampu Indikator yang harus diketahui dan Solusinya jika menyala

OTOProid - Sebagai pengendara ataupun pemilik kendaraan roda empat sudah sepantasnya mengetahui dan memahami setiap  bagian dari kendaraannya apalagi komponen yang menyangkut keselamatan dan kenyamanan dalam mengemudi, termasuk dalam hal ini adalah lampu indikator yang terdapat pada dasboard mobil karena banyaknya lampu indikator sehingga banyak diantara pengemudi hanya mengetahui beberapa arti dari banyaknya lampu indikator tersebut, padahal setiap lampu indikator yang menyala memberikan tanda kepada pengemudi bahwa ada sesuatu pada kendaraan yang bermasalah yang jika dibiarkan dapat berimbas pada kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.


Artikel kali ini Otoproid.com akan membahas tentang 8 tanda Lampu indikator menyala dan solusinya.

1. Lampu indikator Tekanan Oli



Indikator tekanan oli yang menyala menandakan mesin kekurangan pelumas atau oli, jika ini dibiarkan dapat merusak komponen mesin mobil.
Solusinya : Segera tambah oli dengan yang baru, namun jika setelah menambah oli lampu tetap menyala mungkin ada masalah lain sebaiknya mobil segera dibawa kebengkel.




2. Lampu Indikator tekanan ban



Indikator lampu tekanan ban menyala memberikan pertanda bahwa ada 1 atau beberapa ban yang kekurangan angin, jika ini dibiarkan dapat membuat ketidaknyamanan dalam mengemudi, selain itu dapat menyebabkan mobil boros bahan bakar, dapat membuat ban rusak permanen, dan yang parahnya dapat menyebabkan kecelakaan karena ban selip apalagi dalam kondisi jalan yang basah.
Solusinya : Segera tambah angin

3. Lampu Indikator tanda Temperatur



Ketika lampu indikator ini menyala menandakan suhu mesin terlalu panas.
Solusinya : Matikan AC, radio dan sistem lainnya dan segera menepi, bila ingin menambahkan cairan pendingin sebaiknya jangan langsung membuka tutup radiator agar  anda tidak terkena uap dan cairan panas atau bisa juga segera menghubungi mekanik kepercayaan anda.

4. Lampu Indikator Bahan bakar



Semua pasti mengetahui tanda ini, ya...tanda ini menandakan bahwa bahan bakar akan habis, biasanya tanda ini akan menyala jika bahan bakar tersisa seperdelapannya jadi masih ada yang tersisa sebelum bahan bakar benar-benar habis
Solusinya : Segera ke SPBU untuk mengisi bahan bakar.

5. Lampu Indikator mesin



Dengan menyalanya lampu indikator ini ada begian mesin yang bermasalah.
Solusinya : Jangan panik, segera hubungi service resmi kendaraan anda
6. Lampu Indikator sabuk pengaman



Lampu ini menyala untuk mengingatkan pengemudi bahwa sabuk pengaman belum terpasang.
Solusinya : Pasang sabuk pengaman dan jangan lupa meningatkan para penumpang anda untuk memasang sabuk pengaman.

7. Lampu Indikator Rem



Lampu Indikator Rem menyala menandakan bahwa rem tangan anda masih aktif, tetapi jika masih menyala setelah rem tangan di release itu lampu menyala menandakan minyak rem habis.
Solusinya: Isi minyak rem sesuai yang direkomendasikan pabrikan kendaraan anda.

8. Lampu Indikator Baterei / aki



Jika lampu indikator baterei menyala menandakan kondisi baterei ada yang salah, bisa saja beterei / aki kehabisan daya atau rusak, pemasangan kabel yang kurang sempurna, atau alternator yang rusak.
Solusinya: Jika pemasangan kabel yang tidak sempurna cukup diperrbaiki, kalau beterei yang kurang daya cukup dicas, sedangkan kalau baterai/aki dan Alternator rusak sebaiknya ganti dengan yang baru.

Sekian artikel sederhana ini semoga bermanfaat...jangan lupa like Fanpage Facebook Otoproid.com untuk mendapatkan artikel menarik lainnya.

Tags: Lampu indikator mobil, membaca lampu indikator mobil, penyebab lampu indikator menyala, Solusi lampu indikator menyala.

No comments:
Tulis komentar