Peluang Usaha

Cara sederhana membersihkan Kepala Silinder dari kerak karbon tanpa bongkar mesin

Kepala Silinder (Cylinder head) merupakan bagian penting sepeda motor sebab pada komponen inilah tempat terjadinya proses pembakaran sehingga menghasilkan kompresi atau tenaga

Masalah yang kerap timbul pada sepeda motor yaitu kurangnya kompresi atau tenaga, dan hal umum yang menjadi penyebabnya yaitu banyaknya kerak karbon yang menumpuk pada ruang bakar. kerak karbon ini berasal dari sisa pembakaran yang tidak sempurna yang diakibatkan oleh RON bahan bakar yang rendah ataupun pemakaian kendaraan yang sudah cukup lama dan tidak pernah di service.

Untuk mengatasi hal ini cara yang paling ampuh untuk mengembalikan peforma motor yaitu dengan membersihkan Kepala Silinder (Cylinder head) dari kerak karbon yang menumpuk yakni dengan membawa kendaraan dibengkel agar kerak karbonnya dibersihkan.

Cara ini memang merupakan cara yang paling ampuh untuk membersihkan Kepala Silinder namun proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama sebab banyak komponen yang harus dilepas, baik kap dan silinder head itu sendiri beserta komponen yang ada didalamnya. selain itu pada saat pemasangannya dibutuhkan penyetelan khusus baik penyetelan top motor dan penyetelan celah katup (klep).
Tag; cara membersihkan ruang bakar motor 4 tak, tanpa bongkar mesin, cara memadatkan kompresi pada motor, cara membuat kompresi padat pada motor, cara menaikan kompresi motor, cara meningkatkan kompresi motor  2 tak, menaikan kompresi motor,
 

Namun bagi sobat yang tidak mau menunggu lama dibengkel, dan juga bisa menghemat biaya. OTOProid membagikan sedikit info cara sederhana membersihkan Kepala Silinder tanpa bongkar mesin, dengan cara ini sobat tidak perlu membawa motor ke bengkel karena hal ini dapat dilakukan sendiri dirumah. 

Berikut caranya...




1. Buka busi motor dengan kunci busi
2. Masukan Oli baru pada lubang busi dengan ukuran 1 tutup oli
3. Diamkan kurang lebih 5-10 menit
4. Starter motor dengan kick starter tanpa memasang busi, dalam proses ini masukan ujung lap bersih sambil ditekan-tekan sambil tetap menstarter motor.  
5. Bersihkan busi dengan amplas sekalian atur celah kepala busi.
6. Pasang kembali busi dan hidupkan mesin. 
7. Setelah motor bunyi maka akan keluar asap putih dari oli yang bercampur dengan kerak karbon

Oli baru yang dimasukan pada lubang busi dapat merontokan kerak karbon yang terdapat pada ruang bakar. cara ini telah dipraktekan oleh banyak orang dan terbukti ampuh untuk meningkatkan kompresi mesin.
Namun demikian, untuk tetap menjaga peforma mesin agar selalu maksimal sebaiknya sobat lakukan service berkala dibengkel untuk membersihkan Kepala Silinder.

Demikian tips sederhana yang dapat meningkatkan kompresi sepeda motor tanpa bongkar.
Semoga bermanfaat...!

Jangan Lupa ya...Like Fanpage OTOProid untuk mendapatkan tips bermanfaat lainnya...!!!

3 comments:
Tulis komentar
  1. Sekedar tambahan, logika di balik trick ini adalah kandungan anti carbon deposit/soot di dalam oli yg mampu merontokkan kerak jelaga tsb. Jadi supaya lebih efektif, gunakan oli yg kandungan additive anti soot tsb nya paling BANYAK, yaitu oli mesin DIESEL, terutama yg high end/long drain, contohnya Pertamina Fastron Diesel atau Shell Rimula.

    Tapi modal dikit beli carbon cleaner kalengan jg murah kok cuma 30-40 rb sekaleng, lEBIH EFEKTIF dalam merontokkan karbon krn murni hanya mengandung zat anti jelaga itu, dalam bentuk FOAM yg lebih merata dibanding cairan oli, dan ga akan repot dgn asap putih yg terlalu lama dibanding pakai oli.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Yg ada sisa karbon malah nyelip di dinding silinder, akibatnya baret, tinggal tunggu oli naik ikut kebakar, alhasil malah ngebul permanen bree...

    ReplyDelete