Tips Mengatasi Android yang Lemot

Sekarang ini android merupakan salah satu benda penting dalam kehidupan sehari,  maka kinerja android yang maksimal sangat dibutuhkan untuk menunjang aktifitas.

Namun bagaimana jika android yang kita punya lemot? Tentu saja akan mengganggu aktifitas bukan.

Berikut ini ada beberapa tips bagaimana mengatasi android yang lemot atau lelet.
Tag: Mengatasi android lemot, android lambat, tips android lelet, android lemot internet, cara mempercepat android yang lambat, penyebab android lambat


1). Unistal Aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang terlalu banyak pada android juga berpengaruh pada kecepatan kinerja android, sebaiknya hapus aplikasi yang tidak terpakai.

2). Bersihkan data Chace

Banyak yang belum mengetahui bahwa data chace adalah hal yang baik karena dapat menyimpan data aplikasi di penyimpanan internal sehingga untuk membuka suatu aplikasi tidak membutuhkan waktu terlalu lama, namun sayangnya  jika data chace ini terlalu banyak juga dapat memenuhi penyimpanan internal dan membuat android menjadi lemot


3). Bersihkan Ruang Penyimpanan

Setelah beberapa saat memiliki sebuah Android, bayangkan pasti banyak data yang sudah ada di dalamnya. Makin kecil kapasitas ruang penyimpanan, makin lemot pula Android kamu.

Misalnya saja saat memotret sesuatu, biasanya kamu tak langsung menyukai hasil foto dan kembali memotret. Lambat laun, tentu memori ponsel menjadi habis.
Belum lagi dengan berbagai unduhan yang masuk ke memori telepon serta screenshoot yang pernah kamu ambil. Untuk itu, hapuslah beberapa data di memori telepon yang tak lagi dibutuhkan.





4). Pastikan SD Card Berfungsi dengan Baik

Memang tak semua ponsel Android memiliki slot SD card, namun jika SD card yang digunakan sudah tak bagus, bisa membuat kinerja ponsel jadi lamban.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mem-back up SD card, kemudian memformatnya sehingga memori card bisa kembali bersih.


5). Factory Reset atau kembali kepengaturan awal

Jika semua tips di atas sudah kamu coba dan Android kamu masih sangat lemot, mungkin solusinya adalah melakukan Factory Reset.

Namun, penting untuk diingat, ketika kamu melakukan Factory Reset, seluruh data yang ada di Android kamu bakal hilang tak bersisa. Untuk itu, sebelum melakukannya, kamu harus mem-back up semua data pada Android dan menyimpannya.
Dengan Factory Reset, pengaturan pada ponsel akan kembali seperti saat awal kamu membeli smartphone tersebut. Segala data dan aplikasi bakal hilang, tetapi kinerja ponsel bakal lebih cepat.


Sebenarnya, opsi ini tak disarankan jika smartphone kamu memiliki berbagai data yang penting. Karenanya, jangan lupa untuk mem-back up data yang ada.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar