10 tips sebelum membeli mobil baru

Anda berencana untuk bisa membeli mobil di tahun 2016? Ada beberapa cara yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian mobil.
Setidaknya ada 10 tips diberikan untuk bisa menjadi referensi sebelum melakukan pembelian mobil. Nah penasaran apa saja yang harus dilakukan, simak ulasannya berikut ini:
Tag; sebelum membeli mobil baru, tips membeli mobil baru, yang dilakukan pada mobil baru, hal penting sebelum membeli mobil baru


1. Perhatikan budget Anda

Sebelum melakukan pembelian kendaraan di tahun ini, hal paling utama yang harus dilakukan ialah berapa besar dana yang Anda persiapkan.
Karena memang harus diakui, bisa jadi mobil menjadi pembelian barang yang paling mahal. Sehingga disarankan besaran cicilan maksimal 25 persen dari pendapatan Anda.
Selain itu, anda juga harus memperhitungkan biaya operasional kendaraan seperti bahan bakar, tol atau asuransi.

2. Mempersempit daftar mobil yang Anda inginkan

Banyaknya informasi produk yang mampir ke telinga Anda pasti akan membuat Anda bingung untuk memilih kendaraan.
Disaranan untuk bisa mendaftar mobil apa saja yang Anda idamkan, dan disesuaikan dengan budget Anda. Telitilah dengan baik sebelum datang ke diler melakukan test drive.

3. Putuskan mobil baru atau bekas, atau menyewa saja




Terlepas dari anggaran Anda, pastikan Anda bisa menemukan pilihan mobil baru atau mobil bekas.
Anda cenderung mendapatkan keuntungan saat memilih mobil bekas, meskipun Anda akan membayar bunga yang lebih tinggi, memiliki masa garansi yang lebih pendek dan tidak akan tahu sejarah penuh mobil.
Atau bisa juga Anda berhitung, apakah akan lebih menguntungkan jika Anda menyewa mobil.
Namun saat Anda memutuskan membeli mobil baru, meski lebih mahal Anda akan mengdapatkan garansi penuh dan tingkat suku bunga yang lebih rendah, serta bebas perawatan setelah membeli.

4. Hitung kembali semua pengeluaran Anda

Setelah Anda memiliki daftar mobil, memiliki anggaran yang cukup, hitung kembali semua pengeluaran Anda.
Mulai dari bahan bakar yang Anda keluarkan, seberapa jauh Anda berkendara per tahun, berapa biaya asuransi yang Anda gunakan.

5. Siapkan pembiayaan

Sebalum melakukan pembelian, pastikan Anda memikirkan dulu soal pembiayaan kendaraan.
Karena diler tidak hanya ingin menjual mobil pada Anda, mereka juga ingin memberikan pinjaman kredit pada Anda karena mereka akan mendapatkan persenan, entah itu dari pabrikan atau perusahaan pembiayaan lokal.
Sebagai hasilnya, banyak diler yang menjanjikan suku bunga yang menarik meski mereka belum mendapatkan persetujuan pinjaman.
Bisa saja anda mendapatkan pinjaman dari bank sebelumnya dan kemudian membandingkan dengan tawaran dari diler.

6. Dapatkan penawaran terbaik

Promosi yang ditawarkan produsen mobil mungkin bukan yang terbaik. Termasuk tawaran suku bunga 0 persen atau bunga rendah.
Dari catatan bankrate.com, hanya 10 persen calon konsumen yang bisa mendapatkan bunga 0 persen.
Jadi rajin-rajin lah mencari informasi suku bunga terbaik sehingga Anda bisa menentukan membeli mobil di diler mana.

7. Cek harga faktur mobil

Ini yang jarang dilakukan oleh konsumen. Padahal harga invoice atau faktur ini penting diketahui agar kita tahu berapa yang dibayar diler untuk membayar mobil Anda. Biasanya harga faktur ada di BPKB kendaraan.

8. Dapatkan diskon terbaik

Banyak penjual kendaraan yang tidak terang-terangan untuk memberikan diskon saat melakukan pembelian kendaraan.
Bahkan tidak sedikit si penjual akan memberikan diskon, cash-back, dan promo menarik lainnya.
Biasanya pabrikan akan memberikan diskon tambahan bagi mahasiswa, personel militer, dan mungkin komunitas tertentu.

9. Jangan buru-buru saat test drive

Setelah selesai melakukan riset soal harga dan diskon mobil, saatnya melakukan test drive.
Telepon diler sebelumnya untuk melakukan test drive. Saat test drive, pastikan Anda bertanya lebih banyak pada salesman, karena mobil itu akan anda miliki selama 5 tahun atau lebih.
Usahakan juga untuk mengatur posisi kursi yang nyaman, dan mencoba-coba berbagai kontrol di mobil, dan pastikan semua penumpang nyaman, serta ruang bagasi cukup memenuhi kebutuhan Anda.

10. Negosiasi

Setelah test drive, dan anda siap membeli, ingat-ingat besaran diskon yang tadi anda riset.
Saat negosiasi dengan diler/sales, pastikan anda mengetahui harga jual mobil baik itu lewat online atau lainnya. Jadi anda bisa tahu apakah anda ditawari harga yang sama.
Begitu anda setuju dengan harga dari diler, siap-siap untuk menolak terhadap berbagai tawaran ekstra dari diler. Tawaran itu bisa berupa aksesoris yang belum tentu Anda butuhkan, Anda bisa membelinya nanti secara terpisah.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar