Peluang Usaha

Penyebab motor tiba-tiba mogok

Mungkin diantara kita pernah mengalami motor tiba-tiba mogok dijalan, tentu sangat menjengkelkan bukan? apalagi jika terjadi ditempat dan waktu yang tidak tepat, berikut ini Kolaka terbaru membagikan info tentang penyebab motor tiba-tiba mogok dijalan.

1. Bahan bakar habis
Tentu sobat sudah tahu kalau bahan bakar kendaraan habis tentu saja mesin akan mati dan tidak dapat dihidupkan.

2. Kran bensin tertutup
Untuk motor yang menggunakan kran manual biasanya harus memutar kran pada posisi on sebelum menghidupkan, tapi tak jarang orang lupa untuk memutar kran dan langsung menghidupkan kendaraan, tentu saja dapat bunyi dan berjalan karena masih ada sisa bahan bakar pada karburator dan selang bensin, tapi ketika berjalan beberapa puluh meter maka motor akan mati.

3. Aki mati
untuk sepeda motor injeksi, Aki atau Accu mati dapat menyebabkan terjadinya mogok dijalan karena pompa bahan bakar pada motor injeksi dilakukan oleh sistem kelistrikan.

4. Pengapian bermasalah
Hal yang paling umum yang terjadi pada pengapian ialah terjadi pada busi, bisa jadi terlalu banyak kerak hitam pada kepala busi karena pembakaran yang tidak sempurna, mengatasi hal ini dapat cukup membersihkan kerak hitam pada busi, jika belum menyala juga coba cek busi dengan melepaskan busi dari head silinder lalu coba starter dengan mendekatkan kepala busi dengan body mesin tapi sebelum itu pastikan busi terhubung dengan kabel busi, perhatikan percikan api pada busi, jika tidak ada berarti busi harus diganti.

5. Korsleting pada kelistrikan
Korsleting yang terjadi biasanya terjadi akibat ada kabel yang lepas, atau sambungan yang tidak sempurna sehingga kabel bersentuhan langsung dengan rangka motor,

6. Kehabisan oli
Kehabisan oli biasanya disebabkan karena terjadi rembesan oli pada mesin yang dibiarkan terus menerus, atau bisa juga disebabkan karena ring seher yang sudah aus dan tidak segera diganti, kehabisan oli dapat menyebabkan motor terkancing dan mengakibatkan beberapa bagian part mesin rusak.

sekian artikel tentang penyebab motor mogok tiba-tiba, sedikit saran sebaiknya servislah kendaraan sobat secara berkala.

No comments:
Tulis komentar