Peluang Usaha

5 Kelebihan dan kekurangan motor injeksi

Hampir semua type sepeda motor keluaran terbaru menggunakan sistem injeksi yaitu sebuah teknologi pencampuran bahan bakar dan udara yang terjadi diluar ruang bakar (Nozle), tekhnologi ini dapat membuat bahan bakar yang digunakan sesuai kebutuhan mesin sehingga tidak ada bensin yang dibuang sia-sia dan tentu saja masih banyak kelebihan lainnya, namun tidak hanya kelebihan teknologi ini juga tetap memiiki kekurangan dan berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan sepeda motor injeksi

Kelebihan

1). Ramah lingkungan
Pada mesin injeksi pembakaran yang sempurna pada ruang bakar, membuat  emisi gas buang yang dihasilkan relatif lebih sedikit.

2). Mudah dihidupkan pada suhu rendah
Injeksi bahan bakar dilengkapi  sensor temperatur yang akan melaporkan suhu mesin ke engine control module (ECM) yang akan memerintahkan injektor untuk memperkaya campuran bensin pada suhu mesin dingin, sehingga mesin injeksi tidak membutuhkan choke

3). Perawatan yang lebih praktis
Teknologi injeksi bahan bakar berkonsep bebas perawatan. Pada saat servis, pembersihan dilakukan hanya pada bagian penyaring udara, busi, dan pengaturan klep.

4). Lebih hemat bahan bakar
Air-fuel ratio sangat mempengaruhi kesempurnaan pembakaran pada mesin. Standar AFR pada motor adalah 14,7:1 yang artinya 14,7 udara dan 1 bensin. AFR dapat berubah-ubah, misalnya pada saat kondisi mesin dingin AFR 5:1, pada saat idle AFR 11:1, akselerasi 8:1, dan pada saat pemakaian ekonomis 40-60 km/jam AFR 16-18:1. Sehingga konsumsi bahan bakar pada motor injeksi lebih irit dibandingkan karburator.

5). Kerusakan mudah di deteksi
Pada sepeda motor injeksi terdapat sensor yang dapat memberikan tanda melalui kedipan pada indikator bahwa kendaraan terjadi masalah.


Kekurangan

1). Kurangnya tenaga ahli
Injeksi bahan bakar termasuk teknologi baru, tidak semua bengkel umum mampu memperbaiki di saat terjadi permasalahan pada kendaraan.

2). Sensitif bahan bakar
Ujung injektor berukuran mikro, sehingga sistem injeksi bahan bakar mudah terjadi penyumbatan karena bahan bakar yang kotor. Hal ini akan mempengaruhi kinerja kendaraan sehingga bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar sedikit

3). Sensitif kelistrikan
Kondisi kendaraan dilaporkan oleh sensor, dan sensor terhubung menggunakan kabel berkonektor. Konektor sering menjadi penyebab pelaporan sensor ke engine control module menjadi kacau. Pengiriman laporan sensor ke engine control module menggunakan sistem pengaman. Apabila konektor kabel terjadi korosi, hal ini akan meningkatkan sistem pengamanan sehingga laporan dari sensor mengakibatkan engine control module berfungsi dengan tidak tepat dan dapat mengakibatkan kerusakan yang disebabkan aliran listrik yang tidak stabil.

4). Susah dihidupkan setelah kehabisan bahan bakar
ketika tangki bahan bakar kosong maka saluran bensin yang menuju ke nozle akan kosong dan terisi udara, sehingga pada saat diisi kembali dibutuhkan waktu hingga saluran bahan bakar terisi, baik oleh pompa bahan bakar maupun dengan bantuan starter.

5). Tidak bisa dihidupkan tanpa aki/accu
Karena pompa bahan bakar memerlukan tenaga listrrik maka ketika aki soak/mati maka suplai bahan bakar juga terhenti jadi mesin juga tidak dapat dihidupkan.

No comments:
Tulis komentar