Peluang Usaha

Bekam, Pengobatan warisan Rasulullah


Apa itu Bekam? Bekam adalah salah satu permata diantara warisan Rasulullah dalam bidang pengobatan Islam. Bekam merupakan istilah dalam bahasa Indonesia yang berarti mengeluarkan angin dari dalam badan dan pengeluaran darah kotor dari badan.
Dalam bahasa Arab dikenal istilah 'Al-Hijamah' yaitu satu tata cara pembersihan darah atau pengeluaran angin dari darah dengan mengeluarkan racun dari badan melalui goresan di kulit dengan cara di sedot dengan menggunakan alat seperti tanduk kerbau, gading gajah, gelas yang diisi api atau yang paling praktis dan modern dengan mengunakan gelas vakum (kop) yang bersih dan steril.

Dalil-Dalil Bekam 



Hadits Pertama :
Said bin Jubair berkata dari Ibnu Abbas bahawa Rasulullah SAW bersabda:“Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara. Pertama minum madu. Kedua, dengan pembekaman. Ketiga, dengan key (besi panas), dan aku tidak menganjurkan ummatku melakukan pengubatan dengan key” (HR Bukhari)

Hadits Kedua: 
Dari Jabir Bin Abdillah ra ia berkata, saya pernah mendengar Nabi SAW bersabda: “Jika ada yang terbaik pada obat-obatan kalian, maka itu terdapat pada sayatan alat bekam, minuman madu, atau sengatan api kay yang tepat pada penyakit. Tetapi aku tidak suka berobat dengan ’kay’ ” (HR. Bukhari)

Hadits Ketiga:
Dalam riwayat Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud dan riwayat Baihaqi: “Aku tidak berjalan di hadapan sekelompok malaikat pun pada malam ketika aku diisra’kan, kecuali mereka berkata, “Wahai Muhammad, perintahkanlah umatmu agar berbekam!’ ” (Shohihul Jami’: 5671)

Hadits Keempat:
Tirmidzi meriwayatkan dalam Sunan-nya, dari Ibnu Mas’ud yang berkata: “Rasulullah SAW suatu ketika bercerita tentang malam ketika beliau diisra’kan, bahawa beliau tidak berlalu pada satu kelompok malaikat pun kecuali mereka menyuruh beliau dengan mengatakan, ’Perintahkanlah ummatmu agar berbekam’ ”
Ahmad juga meriwayatkan dalam musnadnya, sabda beliau, “Ini (bekam) adalah sebaik-baik cara pengobatan yang digunakan oleh manusia” (Al-Bashriyyin : 19237, Shohih)

Hadits Kelima:
Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya cara pengubatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)” (Shahih Bukhari dan Muslim)

Manfaat Bekam
Karena bekam bekerja langsung pada darah, syaraf dan pembuluh limpa maka bekam dapat menyembuhkan banyak sekali penyakit yang berhubungan dengan ketiga organ tersebut. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Iklan : Kami Menerima panggilan Bekam
untuk wilayah Kendari, Kolaka timur & Kolaka
Hubungi: 
Ummi Najwa : 082193824456
Abu Amar : 082193824457

·         Bekam mengatasi gangguan pembuluh darah seperti flak, varises, dan aterosklerosis (pengapuran).
·         Bekam Membersihkan darah yang kotor sehingga tubuh akan menjadi ringan karena yang ikut beredar adalah darah yang selnya sudah bersih
·         Bekam meningkatkan aktivitas syaraf tulang belakang
·         Bekam menghilangkan kejang-kejang dan memar pada otot
·         Bekam bermanfaat bagi penderita asma, pneumonia, dan agina pecrotis
·         Bekam mengobati penyakit rabun mata
·         Bekam mengatasi gangguan rahim dan menopause
·         Bekam menyembuhkan rematik
·         Bekam mengatasi hipertensi
·         Bekam mengatasi kemalasan, kelesuan dan banyak tidur
·         Bekam mengatasi luka-luka, bisul, jerawat dan gatal-gatal di kulit
·         Bekam mengatasi radang selaput jantung dan radang ginjal
·         Bekam mengatasi keracunan
·         Bekam mengatasi luka-luka bernanah, hal ini karena bekam merangsang kekebalan tubuh dan pengaktifan sel-sel darah putih
·         mengatasi penyakit paru-paru kronis
·         mengobati nephritis
·         mengatasi radang selaput jantung, radang urat syaraf bagian punggung bawah dan radang di bagian sela-sela rusuk.
·         mengatasi masuk angin
·         meringankan rasa sakit dan mengurangi penumpukan darah
·         dsb.

1 comment:
Tulis komentar
  1. KALAU YANG DISEKITAR KENDARI BISA DATANG DI RUMAH BEKAM & HERBAL NURUSY-SYIFA, JL.HAJI LAMUSE BELAKANG MASJID BAITUL MUSLIMIN, LEPO-LEPO, BARUGA KOTA KENDARI, 082348860202. KAMI MELAYANI : BEKAM SINERGI, AKUPUNTUR KESEHATAN,KECANTIKAN,KEJANTANAN,OBESITAS, GURAH, RUQYAH DLL.

    ReplyDelete