Peluang Usaha

ini 10 provinsi Penjualan Motor Terbesar


INDONESIA masih jadi lahan gemuk untuk penjualan sepeda motor. Di dunia, posisi Indonesia menempati posisi ketiga terbesar setelah Cina dan India. Lantas, di provinsi mana penjualan sepeda motor yang paling banyak?
Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) menyebutkan, sepanjang Januari-November 2014, sepuluh provinsi paling banyak menyerap sepeda motor adalah Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara. Selain itu, Sumatera Barat, Bali, DI Yogyakarta, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur. Nyaris seluruh provinsi di Pulau Jawa masih merajai penjualan motor di Indonesia.
Mari kita lihat bagaimana penjualan sepeda motor di provinsi-provinsi tersebut. Di Jawa Barat, setiap hari terjual 3.738 unit. Angka ini merupakan yang tertinggi di seluruh provinsi Indonesia. Secara nasional, provinsi berpenduduk terbesar di Indonesia itu menyumbang sebanyak 16,99%. Di Jawa Barat setidaknya bermukim 43 juta jiwa penduduk Indonesia.
Sementara itu, provinsi kedua terbesar adalah Jawa Timur. Di provinsi dengan penduduk kedua terbesar di Indonesia ini setiap hari terjual 3.728 unit. Sumbangan Jawa Timur mencapai 16,95%.
Di posisi ketiga adalah DKI Jakarta. Ibu Kota Republik Indonesia mencatat penjualan sepeda motor hingga 3.104 unit per hari. Angka itu setara dengan 14,11% penjualan sepeda motor di Indonesia sepanjang Januari-November 2014.



Oh ya, untuk tahun 2014 ini terjadi perubahan posisi puncak. Dua tahun sebelumnya Jawa Timur selalu menempati posisi terbanyak dalam penjualan sepeda motor. Di bawah Jawa Timur adalah Jawa Barat. Sedangkan provinsi DKI Jakarta relatif stabil di posisi ketiga terbanyak.
Dalam catatan Aisi, ke-10 pronvisi di atas menyumbang sekitar 6,2 juta unit atau setara dengan sekitar 85% penjualan motor dalam 11 bulan 2014. Dalam rentang Januari-November 2014, Indonesia diguyur sekitar 7,3 juta sepeda motor. Angka itu setara dengan sekitar 22 ribu sepeda motor per hari. Bila dibandingkan dengan periode sama setahun sebelumnya naik tipis sekitar 2%.

Selama sebelas bulan 2014, pemain utama sepeda motor masih ditempati produsen yang sama. Menurut data Aisi, di urutan pertama masih ditempati produsen motor Honda dengan melego sekitar 4,7 juta unit. Torehan Honda itu setara dengan 63,68 % pangsa pasar motor Indonesia.
Di posisi kedua dan ketiga terbesar masing-masing adalah Yamaha 2,2 juta unit (30,35%) dan Suzuki 263 ribuan unit (3,59%).by  (https://edorusyanto.wordpress.com)

1 comment:
Tulis komentar