Peluang Usaha

Penyebab ban mobil atau motor kempis padahal jarang digunakan

OTOProid - Ban kendaraan yang kempis atau kurang angin karena pentil ban yang rusak atau karena menginjak paku atau benda tajam lainnya Merupakan hal yang umum diketahui.



Namun pernahkah kamu melihat kendaraan yang terparkir lama atau tidak pernah digunakan ban kendaraan tersebut menjadi kempis.

Tidak sedikit pengguna kendaraan yang merasa heran dengan hal itu karena kalau dilihat secara kasat mata memang agak membingungkan sebab kendaraan tersebut hanya diam ditempat dan bebannya juga tidak bertambah.



Lantas apa penyebab ban kempis saat kendaraan terparkir lama atau tidak pernah digunakan?

Berikut penjelasannya!

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban mobil atau motor menjadi kempis saat tidak pernah digunakan.
Yaitu faktor struktur ban, suhu ban, suhu sekitar, beban kendaraan, dan waktu berdiam yang terlalu lama.



Berikut penjelasannya kenapa faktor struktur ban, suhu ban, suhu sekitar, beban kendaraan, dan waktu berdiam yang cukup lama membuat ban menjadi kempis saat terparkir dalam waktu yang cukup lama.

Sebenarnya di dalam struktur sebuah ban terdapat pori-pori yang sangat-sangat kecil namun saat kendaraan berjalan suhu udara di dalam ban menjadi panas ditambah lagi faktor jalan yang panas membuat pori-pori ban yang sangat kecil ini tertutup rapat disebabkan sifat bahan ban yang fleksibel.



Namun beda halnya saat ban dalam kondisi diam dengan waktu yang cukup lama, udara di dalam ban menjadi dingin ditambah lagi suhu sekitar terutama suhu lantai atau tanah yang bersentuhan langsung dengan ban juga dingin membuat struktur ban menjadi sedikit kaku sehingga pori-pori ban terbuka, Karena beban kendaraan yang terus menekan membuat angin keluar sedikit demi sedikit melalui pori-pori yang terbuka tersebut.



Demikian penjelasan kenapa ban mobil atau ban motor menjadi kempis saat terparkir lama atau tidak pernah digunakan. Sebenarnya angin yang keluar sangatlah sedikit namun karena berlangsung terus-menerus dan terjadi dalam kurun waktu yang lama membuat ban kehabisan angin.

No comments:
Tulis komentar