Peluang Usaha

Ini Perbedaan Tim Pabrikan dan Tim Satelit pada ajang balap MotoGP

Pada ajang balap Moto GP kita pernah mendengar istilah tentang Tim pabrikan dan tim satelit, namun mungkin masih ada diantara Bro or sist yang belum tahu tentang tim pabrikan dan tim satelit, untuk itu dalam artikel kali ini OTOProid akan membahas tentang perbedaan tim pabrikan dan tim satelit pada ajang balap MotoGP.




Berikut ulasannya...
Tim Repsol Honda, Movistar Yamaha, Suzuki Ecstar, Ducati Team, KTM, Aprilia Gresini merupakan tim pabrikan atau biasa juga disebut tim utama, sedangkan tim LCR Honda, Marc VDS Honda, Pramac Ducati, Avintia Ducati, Aspar Ducati, Yamaha Tech 3 merupakan tim satelit atau mungkin bisa disebut anaknya tim utama, lalu apa perbedaannya?


Perbedaannya tentu sangat banyak namun perbedaan yang paling utama yaitu soal dana, demi pengembangan motor tim pabrikan selalu royal dalam pengeluaran dana sebab tim pabrikan didukung dengan sponsor yang besar dibelakangnya, sedangkan tim satelit tetap mengandalkan bantuan dari pabrikan itu sendiri namun tentu saja tim pabrikan lebih mengutamakan tim utama dari tim satelitnya, namanya juga tim utama, jadi agar tetap dapat turun balap, tim satelit harus bekerja ekstra agar mendapatkan dana yang cukup agar dapat mengembangkan motor dan mendapat rider pilihan,
biasanya tim satelit mendaptkan pembalap titipan dari tim pabrikan, atau mencari pembalap dengan pilihan sendiri tapi dengan dana yang terbatas, bisanya juga tim satelit mencari pembalap yang berada dilevel bawah misalnya pembalap dari moto2. Namun sebaliknya bagi para rider di tim satelit dapat menjadi batu loncatan untuk dapat menjadi pembalap tim pabrikan namun tentu saja mereka harus membuktikan bahwa mereka layak untuk menjadi rider di tim utama.

Sedangkan mengenai jumlah kru team satelite memiliki kru lebih sedikit dibanding pabrikan, lebih banyak kru otomatis pekerjaan team lebih mudah dan lebih meminimalisir kesahalan.




Perbedaan selanjutnya mengenai SDM orang orang di team pabrikan bukan orang orang biasa,mereka adalah utusan pabrikan pusat langsung,bahkan orang daleman pabrikan turun langsung, pokoknya dari segi mekanik kru dll lebih unggul dibanding team satelite,itu sebabnya settingan mereka jago dan mampu menyulap keluhan pembalap dalam sekejap.

Demikian info tentang perbedaan tim pabrikan dan tim satelit pada moto GP tentu jika ditelusur lebih jauh tentu masih banyak perbedaan, mulai dari update teknologi, chasis dan lain lain. Namun tentu perbedaan ini ujung ujungnya tentang masalah dana.


3 comments:
Tulis komentar