Peluang Usaha

Cara Memperbaiki Aki kering yang rusak

Aki merupakan bagian penting pada sepeda motor, apabila aki soak atau mati, tentu akan menyebalkan apalagi pada sepeda motor injeksi yang tidak dapat dihidupkan jika kondisi aki mati, pada sepeda motor terdapat dua jenis aki yang kita kenal yaitu aki kering dan aki basah.

Pada artikel kali ini OTOProid akan membahas bagaimana memperbaiki aki kering  yang soak atau mati.
Sebenarnya kondisi aki kering tidak benar-benar kering sebab didalam aki kering juga membutuhkan cairan yang sama seperti yang dipakai pada aki basah, yaitu cairan elektrolit yang merupakan campuran H2O (air suling) dengan SO4 (asam sulfat).




Sama halnya seperti aki basah apabila aki mulai terasa soak atau motor sudah berat bila distarter tangan sebaiknya segera di cas karena apabila terus dibiarkan aki akan drop, dan kemungkinan terburuk aki tidak bisa lagi di cas. Nah...pada kondisi ini biasanya pemilik sepeda motor langsung berkesimpulan untuk mengganti aki kering. Padahal ada cara agar kita dapat sedikit berhemat mengingat harga aki kering berkisar 200 ribuan.
Tag; memperbaiki aki kering, cara merawat aki kering, cara memperbaiki aki kering yang mati, aki kering motor, aki kering gs yuasa, aki kering soak, aki kering drop, cara mudah memperbaiki aki kering
 
Berikut ini cara memperbaiki aki kering yang sudah mati

1, Buka tutup aki
Tutup aki kering berbeda dengan tutup aki basah, untuk membuka tutup aki basah cukup memutar tutup dengan tang seperti membuka baut, sedangkan untuk membuka tutup aki kering dibutuhkan sedikit tenaga untuk mencungkil tutup dibantu dengan menggunakan obeng plat.

2. Isi air aki atau air zur
Setelah tutup terbuka isikan air aki kedalam masing-masing lubang tapi jangan sampai penuh sisakan  kurang lebih 1cm dari permukaan lubang,  karena lubangnya kecil sebaiknya menggunakan corong atau suntikan untuk membantu proses pengisian agar air aki tidak meluber. Diperlukan kehati-hatian dalam mengisi air aki sebab kulit akan terasa gatal apabila terkena air aki

3. Tutup Aki
Tutup aki seperti semula, untuk menghindari udara masuk sebaiknya lem pinggir tutup aki dengan menggunakan lem alteco atau sejenisnya.




4. Cas Aki
Silahkan cas aki hingga penuh dan aki siap digunakan.

Sebenarnya belum ada anjuran dari pabrikan sepeda motor atau pabrikan aki yang membolehkan mengisi ulang air aki kering, tapi untuk berhemat sampai ratusan ribu, tidak ada salahnya mencoba.

Demikian tips tentang cara memperbaiki aki kering yang rusak, semoga bermanfaat...

No comments:
Tulis komentar