Perhatikan hal ini sebelum memasang alat charger Hp pada sepeda motor

Menambahkan alat charger Hp pada sepeda motor merupakan solusi bagi sobat yang selalu aktif menggunakan ponsel, serta merupakan alternatif pengisian daya baterei ponsel ketika sedang di perjalanan atau listrik padam.


Namun dalam pemasangan ada hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kerugian karena kerusakan, pada ponsel, aki, atau komponen-komponen sepeda motor anda
Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasang alat charger pada sepeda motor
Ada dua kabel yang perlu dihubungkan ke sumber listrik.yaitu  Kabel positif dan negatif, yang biasanya dilambangkan dengan warna merah dan hitam.

Negatif bisa langsung dipasang ke bodi motor (massa). Positif sebaiknya ikut kunci kontak. Jadi, ketika motor sedang diparkir, alat cas tidak berfungsi.




Sebaiknya dalam memasang kabel positif tidak langsung ke aki motor karena walaupun motor dalam kondisi off , alat charger akan terus menkonsumsi daya aki, sehingga apabila motor tidak digunakan dalam beberapa hari dapat membuat aki menjadi drop.

cara pemasangan charger di motor cukup mudah. Perangkat pengisian baterai smartphone ini hanya kabel dan inverter. Fungsi inverter untuk menurunkan tegangan listrik agar baterai tidak rusak.
Sebab pada umumnya daya yang disalurkan oleh motor 12 volt dan 14 volt, sedangkan ponsel smartphone rata rata membutuhkan daya 5 volt dan dua Ampere, itu sebabnya kenapa butuh inverter.


Selain itu hal yang perlu diperhatikan yaitu cara menyambung kabel negatif dan positif alat charger ke motor dalam penyambungan sebaiknya di isolasi dengan baik untuk menghindari korsleting kelistrikan pada sepeda motor. 

1 comment:
Tulis komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete