4 Tips jitu merawat laptop agar awet

Laptop saat ini hampir nyaris menggantikan komputer desktop untuk digunakan bekerja dan beraktivitas sehari-hari. Kepraktisan laptop membuatnya menjadi gadget unggulan yang hampir menjadi kebutuhan utama setiap orang untuk beraktivitas.

Bagi kamu yang punya laptop, kamu harus menjaganya baik-baik. Jika ada komponen rusak seperti baterai, layar, apalagi motherboard, biaya yang harus kamu keluarkan bisa lebih mahal dari harga belinya. Ikuti beberapa tips berikut supaya kamu bisa hemat biaya servis yang mahal tersebut.
Tag: Tips merawat laptop, agar laptop tidak kena virus, laptop cepat rusak, tips merawat laptop baru, laptop agar awet
1. Hati-hati dengan software abal-abal

Saat sedang berselancar di internet, mungkin kamu pernah menemui pop-up ataupun display iklan ajakan untuk mengunduh software tertentu (biasanya saat sedang mengunduh film, musik, ataupun file lain yang sifatnya bajakan). Kamu perlu berhati-hati karena software misterius tersebut bisa jadi berisi virus atau malware yang merusak fungsi laptop kamu.




2. Back-up data secara rutin

Lakukan back-up data rutin secara periodik, terutama untuk data yang tersimpan di harddisk. Kerusakan yang tidak sengaja terjadi di harddisk atau motherboard dapat menghilangkan seluruh data di laptop kamu karena sulit diambil lagi.

3. Jauhkan laptop dari wadah yang menampung cairan

Ini merupakan salah satu aturan umum penggunaan laptop yang perlu kamu perhatikan baik-baik. Kebiasaan menaruh makanan dan minuman di meja bersama dengan laptop bukan hal yang baik dilakukan. Kalau gelas kamu tak sengaja jatuh dan kena laptop kamu, tentu akan sulit untuk mengeringkannya.

4. Rawat charger dengan baik

Salah satu penyebab baterai laptop cepat rusak adalah menggunakan charger yang tidak asli. Oleh karena itu, rawatlah charger kamu dengan baik dan jangan sering menarik-narik kabelnya. Hindari membiarkan kabel charger terurai untuk mencegah tersandung yang dapat merusak charger.

No comments:
Tulis komentar