Fungsi Kiprok atau Regulator motor

Sobat pasti sering dengar part yang bernama kiprok dalam sepeda motor. Kiprok menjadi salah satu part yang sering dicek kondisinya bila terjadi masalah pada pengapian dan kelistrikan sepeda motor. Taukah sobat apa fungsi kiprok pada sepeda motor sesungguhnya. Seberapa besar perannya dalam sepeda motor?




Fungsi kiprok pada sepeda motor adalah sebagai penstabil arus dan tegangan yang masuk ke aki. Jadi, arus yang masuk ke aki sesuai tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil. Selain itu, fungsi kiprok pada sepeda motor adalah sebagai penyearah atau pengubah arus AC dari sepul menjadi DC. Arus DC ini yang kemudian ditampung di dalam aki.


Nah, akan muncul masalah kalau fungsi kiprok pada sepeda motor bermasalah. Diantaranya, lampu utama yang menjadi redup, aki yang menjadi gampang soak hingga munculnya gejala brebet saat motor digunakan. Untuk mengetahui kondisi kiprok, bisa dengan mengukur tegangan pada kiprok. Ukur menggunakan multitester. Pastikan angka tegangannya pas sesuai spesifikasi kiprok di motor. Kalau tegangannya kurang atau lebih, berarti ada masalah pada kiprok.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar