Peluang Usaha

Alasan Toyota menghilangkan Innova type E dan Type J

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan Kijang All New Innova pada 23 November 2015. Untuk mendongkrak penjualan, TAM pun menghadirkan varian lebih mewah berupa tipe Q. Sedangkan tipe G dan V tetap tersedia, namun tipe E dan J terpaksa 'disuntik mati'.

Alasan menghilangkan tipe E dan J sendiri berdasarkan survei yang dilakukan Toyota. Hasilnya, lebih banyak konsumen yang menginginkan Kijang Innova tampil lebih mewah. Oleh karena itu dipilihlah tipe Q dan menghilangkan tipe E dan J.

Namun, dibalik kehadiran tipe terbaru ini rupanya banyak yang memprediksi bakal memakan pangsa pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) Toyota lainnya yakni NAV1.

Hal ini pula yang membuat General Manager PT TAM, Widyawati Soedigdo ikut angkat bicara. Menurut dia, meski ada perubahan namun hal itu tak banyak. Termasuk mengambil jatah segmen NAV1 ke All New Kijang Innova khususnya tipe Q.

"Sebenarnya beda konsep Kijang Innova dengan NAV1. Desain saja juga beda, kalau NAV1 itu digunakan untuk mobil keluarga yang digunakan di perkotaan, sedangkan Innova bisa dipakai untuk keluarga dan bepergian ke beberapa daerah,” kata Widyawati, saat ditemui usai media tes drive di kawasan Bali, Sabtu 5 Desember 2015.

Hal serupa juga diungkapkan, Tehnical Service Division TAM, Iwan Abdurahman. Menurutnya, dari survei yang dilakukan TAM, ternyata banyak menemukan konsumen yang memiliki banyak uang tetapi menginginkan Kijang Innova tampil berbeda seperti pada umumnya.

"Walau harga naik mereka tidak masalah. Bahkan, adanya fitur star/stop button pada tipe Q itu juga berkat permintaan konsumen,” ujarnya.

Iwan menuturkan, keberadaan tipe Q khususnya mesin diesel sendiri sengaja diciptakan Toyota untuk menjadi flagship dan  menjadi pembeda dengan tipe Kijang Innova di bawahnya seperti G dan V.

Oleh karenanya, sejumlah perbedaan serba mewah disematkan di tipe Q diesel yang tidak bisa ditemukan pada tipe lainnya, yakni kaki-kaki dengan 215/55 R17 alloy, tujuh airbag, Smart Close Back Door, Hill Assist Control dan Vehicle Stability Control (VSC).
Shered by Viva.co.id

1 comment:
Tulis komentar